Kandungan Lokal 85 Persen, Suzuki Komitmen Fokus Kembangkan Produk Dalam Negeri
 
                 
                JAKARTA, iNews.id - Suzuki telah menginjak usia 50 tahun di Indonesia. Sejak kehadirannya di Tanah Air, Suzuki berkomitmen fokus mengembangkan produk dalam negeri guna memenuhi pasar domestik dan ekspor.
Berawal dari Pulogadung, Suzuki saat ini memiliki empat pabrik, yakni Cakung Kampung 1, Cakung Kampung 2 dan Cikarang. Sampai saat ini, kandungan lokal produk Suzuki di Indonesia sudah mencapai 85 Persen.
"Pada akhir 2019 produk kita sudah hampir menyentuh 2 juta. Di mana kandungan lokal konten dari produk-produk kami hampir 85 persen. Memproduksi di Indonesia, pertimbangannya melihat komponen harga, yang pertama adalah biaya produksi, kedua kompetisi dan regulasi. Selain itu, yang paling penting kita menciptakan banyak lapangan kerja," ujar Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot), Rabu (30/9/2020).
Dia menuturkan sejarah kehadiran Suzuki di Indonesia berawal dari Carry. Mobil ini hadir untuk membantu mobilitas para petani yang diinisiasi Soebronto Laras (Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses Internasional Tbk).
"Jadi kalau kita lihat sejarahnya, sesuai dengan (cerita) para pendahulu kami yang membawa mobil Suzuki ke Indonesia, pertama yang diperkenalkan adalah Suzuki Carry. Saat itu, pertama kali dijual di Manado yang diinisiasi Bapak Soebronto Laras untuk membantu para petani cengkeh di sana pada tahun 1970-an," kata Donny.