Kawasaki Kembangkan Truk Terbang Gunakan 3 Mesin Sportbike

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 18:10 WIB
Kawasaki Kembangkan Truk Terbang Gunakan 3 Mesin Sportbike

Kawasaki kembangkan truk terbang (Foto : Motorcycle)

TOKYO, iNews.id - Kawasaki rupanya tengah masuk ke industri mobil terbang. Buktinya, pabrikan motor mewah asal Jepang ini terlihat sedang mengembangkan teknologi drone yang disebut 'truk terbang'.

Dikutip dari Motorcycle, Sabtu (23/5/2020), truk terbang ini dirakit menggunakan tiga mesin sportbike Ninja ZX-10. Bahkan, mesin tersebut berhasil melakukan uji levitasi (layang) dalam beberapa menit mengudara.

Tidak seperti drone bertenaga baterai yang umumnya punya keterbatasan waktu saat terbang, drone dengan tenaga mesin ini sanggup terbang untuk waktu yang lama dengan output tenaga yang besar.

Kawasaki Heavy Industries, Ltd. menjelaskan, prototipe drone berskala besar ini berdimensi panjang 7 m, lebar 5 m, dan tinggi 2 m. Total, ada 8 baling-baling bertenaga listrik yang digunakan untuk mengangkat truk terbang ini.

Mesin drone ini dikembangkan oleh Motor & Engine Company dengan menggandeng Aerospace Systems Company, dan Lembaga Pengembangan Teknologi untuk meneliti sistem hybrid mulai dari pemeriksaan konsep badan pesawat, hingga proses desain serta produksi.

Rencananya, truk terbang ini akan digunakan untuk transportasi jarak menengah dan jarak pendek. Dengan bentuk yang besar dan kemampuan jelajah yang lama, drone ini bisa digunakan sebagai alat transportasi dan tugas pengiriman barang.

Sebagai informasi, mesin Kawasaki Ninja ZX-10R memiliki kubikasi sebesar 998 cc, 4-silinder, yang sanggup memuntahkan tenaga puncak 201 hp pada 13.500 rpm dengan torsi maksimal 114,9 Nm pada 11.200 rpm.

Editor : Vien Dimyati