Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid, Ini Pertimbangan Sebelum Membeli

Rio Chandra Putra Pratama · Senin, 10 Januari 2022 - 16:09:00 WIB
Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid, Ini Pertimbangan Sebelum Membeli
Banyak yang bertanya apa kelebihan dan kekurangan mobil hybrid? Ini yang harus dipertimbangkan konsumen sebelum membeli. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Banyak yang bertanya apa kelebihan dan kekurangan mobil hybrid? Kehadiran jenis mobil ini diyakini menjadi opsi menuju kendaraan ramah lingkungan.

Mobil pribadi saat ini menjadi kebutuhan terutama bagi orang yang terbiasa dengan mobilitas tinggi sepanjang hari. Kendaraan yang tepat akan mendukung kelancaran berbagai aktivitas. 

Di antara berbagai jenis kendaraan di pasaran, mobil hybrid belakangan banyak diminati. Sebagian pabrikan menilai mobil hybrid menjadi jembatan menuju elektrifikasi kendaraan sepenuhnya.

Namun, banyak orang yang belum paham seperti apa mobil hybrid. Apa kelebihan dan kekurangan mobil hybrid? Berikut ulasannya.

Kelebihan Mobil Hybrid

Mobil hybrid merupakan perpanduan antara kendaraan konvensional dengan mesin listrik. Di mana bahan bakar dibutuhkan sebagai generator penggerak motor listrik. Tenaga yang dihasilkan lebih efisien dan ramah lingkungan dibandingkan kendaraan bermesin internal (Internal Combussion Engine/ICE).

Berbagai teknologi yang dibenamkan membuat mobil hybrid keunggulan. Berikut kelebihan mobil hybrid yang layak untuk dijadikan pertimbangan:

1. Lebih ramah lingkungan

Jenis mobil ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Mobil Hybrid lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan jenis mobil lain di pasaran. Mobil hybrid hanya menghasilkan emisi gas buang (limbah pembakaran) dalam jumlah yang sedikit (minim), sehingga tidak menimbulkan banyak polusi di udara. Tak hanya itu, mobil ini hanya mengeluarkan sedikit sekali asap dan nyaris tak terlihat.

2. Minim suara mesin dan getaran

Kenyamanan selama berkendara tentu menjadi hal yang sangat penting. Apalagi jika Anda termasuk orang yang banyak menghabiskan waktu panjang dalam perjalanan. Kenyamanan seperti ini bisa didapatkan ketika berkendara menggunakan mobil hybrid. 

Sebab suara mesin mobil ini sangat halus. Tidak hanya itu, mobil hybrid juga menggunakan kombinasi mesin listrik sehingga membuat suara mesin dan lebih rendah. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: