Kembangkan Kendaraan Nol Emisi, Toyota Gandeng Mahasiswa Indonesia Berinovasi

Tangguh Yudha ยท Kamis, 26 Mei 2022 - 21:23:00 WIB
Kembangkan Kendaraan Nol Emisi, Toyota Gandeng Mahasiswa Indonesia Berinovasi
Indonesia telah menyatakan komitmennya di dalam forum internasional menargetkan Net-Zero Emission pada 2060. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id – Sebagai salah satu pemain utama di sektor otomotif, Toyota berkolaborasi dengan berbagai pihak mengembangkan kendaraan ramah lingkungan. Salah satunya menggandeng mahasiswa Indonesia dalam mendukung netralitas karbon. 

Dalam forum internasional, Indonesia telah berkomitmen menargetkan Net-Zero Emission pada 2060. Sinergi serta keterlibatan berbagai sektor dalam kolaborasi Triple Helix, antara pemerintah, akademisi, dan pelaku otomotif menjadi elemen penting mendukung target tersebut melalui aktivitas kehidupan yang lebih hijau. 

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono mengatakan, netralitas karbon akan menjadi penggerak utama perubahan di masa depan untuk segala sektor kehidupan. Generasi muda nantinya akan memimpin Indonesia menjadi pemain global. 

Toyota meyakini mahasiswa sebagai generasi muda dapat disiapkan lebih awal dalam mengambil inisiasi gerakan hijau, demi menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Sebab itu, Institusi Pendidikan Tinggi memegang peranan strategis dalam mengembangkan, mengkaji, dan menyiapkan generasi muda sebagai SDM penerus berdaya saing tinggi. 

“Melalui aktivitas seminar nasional harapannya dapat menjadi wadah diskusi komprehensif membantu dan mendukung akselerasi Indonesia mencapai target Net-Zero Emission. Hal tersebut tentunya dapat terwujud melalui sinergi bersama antara Institusi Pendidikan, Generasi Muda, dan juga sektor industri khususnya Industri Otomotif nasional,” ujarnya, dalan webinar bersama civitas akademika Universitas Diponegoro (UNDIP), Rabu (25/5/2022). 

Hadir sebagai pembicara dalam webinar Direktur Mitigasi Perubahan Iklim Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Emma Rachmawati, serta Kepala Department Perencanaan Kota dan Wilayah Fakultas Teknis Mesin Wiwandari Handayani.

Corporate Affairs External Director PT TMMIN Bob Azam menerangkan aktivitas seminar nasional merupakan rangkaian series peluncuran xEV Center yang telah dilaksanakan pada 19 Mei 2022. xEV Center menampilkan teknologi dan fasilitas display serta unit driving experience model kendaraan elektrifikasi. 

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: