Kenali 4 Ciri-Ciri Minyak Rem Harus Diganti, Jangan Anggap Enteng Mobil Bisa Blong

Bertold Ananda · Minggu, 05 Desember 2021 - 07:27:00 WIB
Kenali 4 Ciri-Ciri Minyak Rem Harus Diganti, Jangan Anggap Enteng Mobil Bisa Blong
Bila minyak rem habis atau tidak berfungsi optimal dapat mengancam keselamatan di jalan akibat rem blong. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Minyak rem merupakan cairan penting pada kendaraan. Cairan ini berfungsi melumasi komponen pada sistem pengereman sehingga berfungsi optimal.  

Namun, banyak pemilik kendaraan yang tidak memperhatikan kondisi minyak rem. Jika minyak rem habis atau tidak berfungsi ini dapat mengancam keselamatan di jalan akibat rem tidak bekerja optimal, bahkan mobil bisa blong. 

Bagaimana mengetahui minyak rem harus diganti? Berikut empat ciri-ciri minyak rem harus diganti. 

1. Lampu indikator rem menyala 

Cara paling sederhana mengetahui minyak rem bermasalah melihat panel instrumen yang terdapat pada adometer. Jika indikator rem menyala dapat terjadi beberapa faktor, antara lain komponen pada pengereman rusak atau minyak rem habis, sudah basi atau tercampur air.  

2. Kebocoran pada master rem 

Perhatikan kondisi mobil. Jika terdapat tetesan cairan di jalan segera identifikasi buka kap mesin dan periksa sistem pengereman. Kebocoran dapat terjadi pada seal master rem yang sudah robek akibat getas.  Jika itu penyebabnya lakukan penggantian seal baru, dibarengi pengisian minyak rem baru. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: