Kendaraan Otonom Milik Volkswagen Siap Diuji Jalan di China

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 29 Agustus 2020 - 16:48 WIB
Kendaraan Otonom Milik Volkswagen Siap Diuji Jalan di China

Volkswagen Siap Diuji Jalan di China (Foto : Reuters)

WOLFBURG, iNews.id - Volkswagen Group mengumumkan akan menguji kendaraan otonom pertama di Kota Hefei, China. Hal ini lantaran China menjadi kiblat untuk mencoba kendaraan otonom. 

Dikutip dari Reuters, Sabtu (29/8/2020), model yang digunakan Volkswagen dalam uji coba tersebut adalah sport listrik Audi e-tron mulai September 2020.

"Volkswagen akan memulai pengujian dengan kendaraan sport listrik Audi e-tron mulai September 2020 di Hefei, China," kata perusahaan.

Seperti diketahui, pada Mei 2020 lalu, Volkswagen memberikan investasi sebanyak 1 miliar euro untuk mengambil alih saham sebesar 50 persen dari grup kendaraan elektronik China yakni JAC.

Tak hanya itu, pabrikan mobil asal Jerman tersebut berencana meningkatkan saham JAC sebesar 75 persen. Artinya, Volkswagen bakal mengambil kendali penuh manajemen atas merek kendaraan listrik itu.

Sebelumnya, Volkswagen sudah mengakuisisi usaha yang dimiliki oleh Negara, seperti China FAW Group Corp Ltd dan SAIC Motor Corp Ltd. Tujuannya tentu untuk melebarkan sayap di negara dengan penjualan kendaraan roda empat terbanyak.

Di China, Volkswagen berhasil mencatatkan angka penjualan sebanyak 1,59 juta kendaraan dalam enam bulan pertama 2020 atau turun 17 persen dari 1,92 juta kendaraan pada periode yang sama tahun lalu. Sementara, di Jerman, sepanjang 2019 Volkswagen menjual sekitar 4,23 juta kendaraan.

Editor : Vien Dimyati