Kepolisian London Pilih Ford Ranger dan Focus untuk Mengejar Penjahat

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 11:15 WIB
Kepolisian London Pilih Ford Ranger dan Focus untuk Mengejar Penjahat

Kepolisian Inggris memilih Ford Ranger Raptor dan Ford Focus ST Estate untuk mengejar para penjahat. (Foto: Carscoops)

LONDON, iNews.id - Kepolisian Dubai memilih Tesla Cybertruck untuk dijadikan mobil patroli baru. Namun, kepolisian Inggris lebih memilih Ford Ranger Raptor dan Ford Focus ST Estate untuk mengejar para penjahat.

Dikutip dari Carscoops, Selasa (3/12/2019), kedua mobil tangguh tersebut nantinya akan dimodifikasi terlebih dahulu oleh Special Vehicle Preparation Team, atau tim khusus yang bermarkas di Essex.

Desain ekteriornya sudah pasti identik kepolisian yang dibalut livery berwarna biru dan fluorescent yellow, rotator, strobo biru-merah, lengkap dengan sirine.

Alasan kepolisian Inggris memilih Ford Ranger Raptor karena performanya dalam melibas medan off-road. Mobil pikap double cabin ini memiliki groud-clearance tinggi dan sistem penggerak 4WD.

Jantung pacunya dibekali mesin diesel 4-silinder bertenaga 210 hp dan torsi 500 Nm. Tenaga tersebut mampu membuat Ford Ranger Raptor berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 10,5 detik sebelum mencapai kecepatan maksimum 170 km/jam.

Sementara Ford Focus ST Estate mengandalkan mesin bensin 2.300 cc turbocharger bertenaga 276 hp dengan torsi 420 Nm. Akselerasi dari kondisi diam ke 100 km/jam kurang dari 6 detik, sebelum mencapai kecepatan maksimal 250 km/jam.

Karena performa inilah yang membuat kepolisian Britania Raya memilih Ford Focus ST Estate. Tak hanya kencang, mobil ini juga punya desain yang sporty dan menawan lantaran terlahir sebagai estate atau wagon.

Sebelumnya, kepolisian Inggris juga pernah menggunakan mobil sedan mewah super mahal sebagai salah satu armadanya, yakni Rolls-Royce Ghost. Padahal, mobil ini biasa dikoleksi para miliarder dunia sebagai kendaraan kebanggaannya.

Meski terlahir sebagai sedan super mewah, tenaga Rolls-Royce Ghost terbilang mengerikan karena menggendong mesin V12, 6.592 cc twin-turbochager bertenaga 562 hp dengan torsi 780 Nm.


Editor : Dani Dahwilani