Koenigsegg Jesko Absolut Bakal Jadi Mobil Tercepat Dunia di Atas 500 Km per Jam

Dani M Dahwilani · Selasa, 10 Maret 2020 - 06:59:00 WIB
Koenigsegg Jesko Absolut Bakal Jadi Mobil Tercepat Dunia di Atas 500 Km per Jam
Koenigsegg Jesko Absolut diklaim mampu berlari lebih dari 500 km/jam (310 mph) dengan sangat nyaman melampaui Bugatti. (Foto: Carscoops)

STOCKHOLM, iNews.id - Koenigsegg Jesko Absolut telah membuat debut pekan lalu. Model keluarga Jesko ini digadang-gadang akan menjadi mobil tercepat di dunia.

Sang pemilik Christian von Koenigsegg mengkonfirmasi mereka telah selesai untuk mencatat kecepatan tertinggi begitu produksi Jesko Absolut selesai. "Ini lebih dari cukup cepat. Kami sebenarnya tidak ingin membangun apa pun lebih cepat," ujar Koenigsegg kepada Top Gear, dilansir dari Carscoops, Selasa (10/3/2020).

Seberapa cepat hypercar ini? Menurut perhitungan Koenigsegg, Jesko Absolut mampu berlari lebih dari 500 km/jam (310 mph) dengan sangat nyaman melampaui sang rival Bugatti.

Baca juga: Jajaran Mobil Tercepat di Dunia dari Zaman ke Zaman

Satu-satunya hal yang tersisa adalah mengatur tanggal pecatatan waktu sebenarnya, tetapi butuh waktu. "Ini sedang proses untuk mendapat izin dari pihak berwenang, kepolisian, berusaha menutup jalan dengan baik," kata Koenigsegg.

“Jadi mungkin butuh satu atau dua tahun, kira-kira seperti itu. Tetapi tujuannya adalah agar kita dapat membuktikan kemampuan mobil tersebut,” ujarnya

Absolut menggunakan mesin yang sama dengan Jesko, V8 twin-turbo 5.0-liter yang memompa tenaga hingga 1.578 hp (1.600 PS) pada E85. Engkol datar pesawat V8 juga dilengkapi dengan kompresor listrik kecil yang menggerakkan udara ke dalam turbo untuk menghilangkan jeda. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi Light Speed ​9-percepatan multiclutch.

Baca juga: Guinness World Record Tolak Bugatti Chiron sebagai Mobil Tercepat

Jesko Absolut menggunakan sayap belakang besar dengan sepasang punggung yang menonjol guna membantu stabilitas dalam kecepatan tinggi. Ini dikombinasikan dengan ujung belakang yang lebih panjang memberikan koefisien hambatan 0,278 Cd.

Berdasarkan Guinness World Record, mobil tercepat di dunia masih didapuk Koenigsegg Agera RS. Hypercar ini menjadi mobil terkencang pada 2017 dengan kecepatan 277,87 mph atau 447,19 km/jam.

Bugatti Chiron berhasil menyalipnya dengan menembus kecepatan keramat 304,77 mph atau 490,48 km/jam. Namun, tidak diakui Guinness World Record karena dilakukan dilintasan sirkuit satu arah. Sementara Koenigsegg Agera RS diuji di jalan raya sepanjang 30 km yang menghubungkan Las Vegas dan Pahrump.

Editor : Dani M Dahwilani