Kurangi Kematian akibat Kecelakaan, Honda Kembangkan Teknologi Bisa Baca Perilaku Buruk Pengemudi

Bertold Ananda · Selasa, 30 November 2021 - 06:02:00 WIB
Kurangi Kematian akibat Kecelakaan, Honda Kembangkan Teknologi Bisa Baca Perilaku Buruk Pengemudi
Honda menggunakan teknologi fMRI untuk mempelajari otak pengemudi dan menganalisis perilaku pengambilan risiko. (Foto: Traced News)

TOKYO, iNews.id - Honda mengembangkan rangkaian teknologi keselamatan canggih. Teknologi tersebut dirancang dengan tujuan mewujudkan visi mengurangi separuh kematian lalu lintas yang melibatkan secara global pada 2030. 

Dilansir dari Hindustan Times, Selasa (30/11/2021), langkah pertama yang Honda lakukan yaitu melibatkan kecerdasan buatan (AI). Ini sedang dirancang untuk memantau jalan dan pengemudi. Ini berguna untuk memahami penyebab mendasar kesalahan mengemudi. 

Honda menggunakan teknologi fMRI untuk mempelajari otak pengemudi dan menganalisis perilaku pengambilan risiko. 

Presiden dan Direktur Perwakilan Honda R&D, Keiji Ohtsu mengatakan, perusahaan berusaha sepenuhnya menghilangkan risiko mobilitas bagi semua orang yang berbagi jalan. "Honda akan menawarkan keselamatan dan ketenangan pikiran setiap pengguna jalan sebagai nilai baru,” kata Keiji Ohtsu. 

Melalui itu, perusahaan menciptakan teknologi bernama “Intelligent Driver-Assistive Technology” menggunakan sensor dan kamera sistem bantuan pengemudi (ADAS) canggih untuk memantau jalan dan pengemudi. Teknologi tersebut disinyalir dapat mendeteksi risiko mengemudi dan menentukan perilaku mengemudi secara real-time.  

Perusahaan berharap teknologi ini sangat membantu mengurangi kesalahan manusia dalam mengemudi, yang merupakan 90 persen dari tabrakan lalu lintas. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: