Mampu Tembus Erupsi Gunung Semeru, Intip Ketangguhan Kendaraan Taktis PMI Hagglund BV206

Rio Chandra Putra Pratama ยท Senin, 06 Desember 2021 - 22:00:00 WIB
Mampu Tembus Erupsi Gunung Semeru, Intip Ketangguhan Kendaraan Taktis PMI Hagglund BV206
PMI menggunakan kendaraan taktis Hagglund BV206 atau Bandvagn 206 membantu korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: PMI)

JAKARTA, iNews.id - Palang Merah Indonesia (PMI) beserta tim gabungan dari anggota Kopassus, PMI, dan relawan PKPU mengevakuasi warga letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Hal menarik mereka menggunakan kendaraan taktis Hagglund BV206 atau Bandvagn 206. 

Diketahui, kendaraan tersebut dirancang untuk segala medan diproduksi perusahaan alutsista global Swedia pada 1980 yang awalnya diperuntukkan militer Swedia. 

Kendaraan multifungsi dengan roda rantai ini bisa melintasi medan berat di suhu panas. Selain itu bak bagian belakangnya bisa digunakan untuk mengangkut barang dan orang. 

Kehadiran kendaraan ini sangat membantu evakuasi korban tertimbun debu vulkanik serta lahar dingin di daerah yang sulit dijangkau kendaraan biasa. 

Secara spesifikasoli Hagglund BV206 terdiri atas dua bagian total mampu menampung 17 orang sekali jalan. Masing-masing enam penumpang di kompartemen depan dan 11 di trailer bagian belakang. Daya angkut kendaraan ini mencapai 2.250 kg dan trailer 2.500 kg. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: