Mengenal Fitur Adaptive Cruise Control pada Mobil

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 21:15 WIB
Mengenal Fitur Adaptive Cruise Control pada Mobil

Melalui Adaptive Cruise Control mobil bisa menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalu lintas sekitar tanpa perlu menginjak gas atau rem. (Foto: MMKSI)

JAKARTA, iNews.id - Mobil model sekarang banyak menyematkan teknologi modern. Selain untuk kenyamanan, fitur modern disematkan untuk keselamatan dan keamanan berkendara.

Salah satunya adalah fitur Adaptive Cruise Control. Teknologi ini lebih pintar dari Cruise Control biasa. Apa keunggulannya?

Fitur tersebut membebaskan pengemudi menginjak pedal gas dan rem. Melalui Adaptive Cruise Control mobil bisa menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalu lintas sekitar.

Saat Adaptive Cruise Control diaktifkan dengan kecepatan tertentu, maka mobil akan menjaga kecepatan dengan kendaraan di depan tanpa harus menekan gas atau rem. Jika kendaraan di depan mengurangi kecepatan, secara otomatis fitur Adaptive Cruise Control juga akan mengurangi sendiri kecepatan.

Begitu mobil di depan kembali melaju, kendaraan akan menambah kecepatan sendiri sesuai batasan yang telah ditetapkan pengemudi.

Salah satu mobil yang menyematkan fitur ini adalah Mitsubishi Eclipse Cross. Mitsubishi juga menyediakan fitur Active Yaw Control (AYC) yang akan mengoptimalkan kekuatan rem, sehingga mobil tetap terkontrol walau kondisi jalan licin dan basah.

Keamanan dapat dimaksimalkan saat kondisi jalanan licin dengan fitur Active Stability and Traction Control (ASTC) yang secara otomatis mengontrol laju mobil ketika sedang bermanuver agar tidak mudah tergelincir.

Editor : Dani Dahwilani