Mengenal Lebih Dekat Komunitas BMW Car Club Indonesia

Dani M Dahwilani · Kamis, 10 Mei 2018 - 10:02:00 WIB
Mengenal Lebih Dekat Komunitas BMW Car Club Indonesia
BMW Car Club Indonesia (BMWCCI) saat ini memiliki 22 Chapter, dua register di seluruh Indonesia, serta 3.500 lebih anggota aktif. (Foto: BMWCCI)

JAKARTA, iNews.id - Jika Anda penggemar atau pencinta mobil BMW klasik, BMW Car Club Indonesia (BMWCCI) menjadi referensi bagi Anda. Komunitas ini bisa menjadi teman sesama pehobi, berbagi informasi serta ilmu melalui berbagai aktivitas.

Klub tersebut didirikan di Jakarta pada 24 Maret 2013 oleh 23 penggemar BMW klasik. BMWCCI berkembang cukup pesat, di mana saat ini telah memiliki 22 Chapter, dua register di seluruh Indonesia, serta 3.500 lebih anggota aktif.

Pada mulanya BMWCCI diusulkan bernama BMW Club of Indonesia. Namun batal karena telah ada klub motor BMW yang memiliki nama sama.

Selanjutnya, disepakati menggunakan BMW Car Club Indonesia, yang juga sama dengan komunitas serupa di berbagai negara. Misalnya BMW Car Club Malaysia hingga BMW Car Club of America.

Pada 14 Desember 2006, BMWCCI resmi menjadi anggota International BMW Club Organization, dan setelah rapat tahunan mereka di Pretoria, Afrika Selatan, BMWCCI tergabung dalam International Council of BMW Clubs pada Oktober 2006. Organisasi tersebut berdiri pada 1981, dan memiliki 600 klub di seluruh dunia yang bernaung di bawah-nya.

Selain itu, komunitas ini juga terdaftar sebagai organisasi kendaraan BMW yang berada di bawah perkumpulan klub BMW wilayah Asia Pasifik, dan diakui keberadaannya oleh International Council of BMW Club.

BMWCCI juga menjadi rekan kerja dan diakui oleh PT BMW Indonesia (Subsidiary dari BMW AG di wilayah Indonesia).

Visi dari BMWCCI adalah menjadikan BMWCCI sebagai klub yang memiliki nilai tambah bagi para anggota-nya, mengembalikan marwah BMWCCI sebagai sebuah klub bukan sekadar komunitas otomotif, serta menjadikan BMWCCI sebagai klub mobil BMW yang solid dan dikenal di tingkat lokal.

Editor : Dani M Dahwilani