Mengenal Mesin MIVEC di Balik Jantung Pacu Mobil Mitsubishi
Tidak hanya model kendaraan penumpang yang berbahan bakar bensin saja yang dilengkapi dengan tekonologi mesin MIVEC, mobil diesel Mitsubishi juga dibekali mesin dengan teknologi tersebut yang mampu meminimalisir konsumsi bahan bakar juga gas buang yang lebih ramah lingkungan. Seperti halnya pada Pajero Sport varian Dakar 4x4, Dakar Ultimate, dan Dakar 4x2 yang dihadirkan dengan mesin 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged and Intercooled. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga besar mencapai 181PS/3.500 rpm dan dilengkapi dengan teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) yang mampu mengoptimalkan kinerja turbin sehingga mesin semakin prima dan tangguh.
Selain Pajero Sport, New Triton yang diluncurkan di Indonesia pada 2019 juga dibekali teknologi MIVEC dengan mesin 4N15 DI MIVEC DOHC 16 valve Direct Diesel Injection, Intercooled & Turbocharged untuk varian Ultimate dan juga Exceed. Dengan mesin ini, New TRITON mampu menghasilkan tenaga maksimum 181PS/3,500rpm dan torsi maksimum 430 Nm/2,500rpm, sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi CO2.
Kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang baru saja diluncurkan pada Juli 2019, Outlander PHEV juga dibekali mesin MIVEC yang melengkapi kecanggihan dan berbagai fitur yang dimilikinya. Outlander PHEV hadir disematkan mesin 4B12 2.4L DOHC MIVEC empat silinder dengan tenaga maksimum 128PS/4.500 rpm dan torsi maksimum 199 Nm/4.500 rpm.
Mesin ini direkomendasikan menggunakan bahan bakar bensin RON Min 95. Di samping itu, mobil ramah lingkungan ini juga menggunakan tenaga listrik sehingga bahan bakar bensin yang digunakan bukanlah sumber energi utama menggerakan mesin.
Editor: Dani M Dahwilani