Mengenal Mobil Pertama Mercedes-Benz di Museum Nasional Indonesia

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 11 Februari 2020 - 18:15 WIB
Mengenal Mobil Pertama Mercedes-Benz di Museum Nasional Indonesia

Mirip delman, mobil bernama Benz Victoria Phaentom tersebut dibekali mesin berkapasitas 2.000 cc yang hanya bertenaga sebesar 5 hp. (Foto: Mercedes-Benz)

JAKARTA, iNews.id - Replika mobil pertama Mercedes-Benz tengah dipajang di Museum Nasional Indonesia sampai 15 Februari 2020. Desain mobil ini sangat unik sekilas mirip delman dengan material serba kayu.

Dilansir dari halaman resmi Mercedes-Benz, Selasa (11/2/2020), mobil bernama Benz Victoria Phaentom tersebut dibekali mesin berkapasitas 2.000 cc dan hanya bertenaga sebesar 5 hp.

Sebelum mobil tersebut lahir, pendiri Mercedes-Benz, Carls Benz mengajukan paten kendaraan bermotor roda tiga yang diciptakan pertama kali di Berlin, tepatnya pada 29 Januari 1886, Benz Patent Motorwagen yang menjadi simbol semangat kesempurnaan.

Rancangan Benz saat itu menggunakan roda yang sangat besar dan dipasang secara horizontal pada sasis. Jika dipasang secara vertikal, khawatir efek giroskopik yang mengganggu kemudi dan stabilitas kendaraan.

Berbeda dengan Benz Victoria Phaentom, tenaga yang dihasilkan Benz Patent Motorwagen berasal dari mesin berkapasitas 954 cc, 1-silinder, 4-langkah.

Sedangkan fitur-fitur utama yang bisa ditemukan yakni kruk as (Crankshaft) dengan penyeimbang, pengapian listrik dan pendingin air yang bisa memberikan tenaga maksimal sebesar 73,7 hp pada 400/menit.

Di masa tersebut, mesin ini terbilang sangat ringan dengan berat sekitar 100 kilogram. Mobil ini butuh bahan bakar bensin 10 liter untuk setiap 100 kilometer perjalanan.

Fitur lain dari mobil tersebut, yakni bak mesin terbuka, katup intake yang bisa digeser dengan gagang yang eksentrik, katup pembuangan dioperasikan oleh cakram cam, serta menggunakan sistem pelumasan tetes.


Editor : Dani Dahwilani