Mengenal Mobil Terbang Pertama di Dunia Taylor Aerocar

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 05 Desember 2019 - 08:30 WIB
Mengenal Mobil Terbang Pertama di Dunia Taylor Aerocar

Seorang insinyur asal Amerika Serikat (AS), Moulton Taylor membuat mobil terbang pada 1949 dengan nama Taylor Aerocar. (Foto: Autoblog/News Yahoo)

MINNESOTA, iNews.id - Selain kendaraan ramah lingkungan, berita yang tengah hangat di dunia otomotif adalah mobil terbang. Padahal, kendaraan yang mampu berjalan di darat dan udara ini, sudah ada 60 tahun lalu.

Dikutip dari News Yahoo, Kamis (5/12/2019), seorang insinyur asal Amerika Serikat (AS), Moulton Taylor membuat mobil terbang pada 1949 dengan nama Taylor Aerocar.

Kendaraan tersebut berkapasitas 2-penumpang menggendong mesin Lycoming O-320 4-silinder di belakang. Jantung pacu tersebut dikombinasikan dengan gearbox manual 3-percepatan.

Dalam mode road atau darat, Taylor Aerocar menggunakan sistem penggerak empat roda. Sementara dalam mode flight atau terbang, tenaga akan dipusatkan ke spoiler belakang.

Foto: Golden Wings museum
Foto: Golden Wings museum

 

Saat dipakai di jalan, komponen untuk terbang, seperti baling-baling dan badan pesawat akan tersimpan di sebuah trailer yang terletak di belakang. Artinya, jika berada di darat, mobil ini mirip mini van.

Dalam sepak terjangnya, Taylor Aerocar sudah mengudara sebanyak 781 jam dan menempuh jarak 24.140 km. Tak heran, mobil terbang ini telah mendapatkan sertifikat dari FAA karena mampu digunakan di darat dan udara.

Kini, mobil terbang tersebut akan dijual di rumah lelang Barret-Jackson pada awal 2020. Sebelumnya, mobil ini akan dipajang terlebih dulu di Minnesota, Amerika Serikat.

Sejak melakoni debutnya, Taylor Aerocar dibanderol seharga 895.000 dolar AS atau setara dengan Rp12,6 miliar, jika menggunakan kurs saat ini.


Editor : Dani Dahwilani