Menjajal Ketangguhan Innova Zenix Hybrid, Begini Rasanya Kijang Baru
Hari Kedua
Memasuki hari kedua, jurnalis melanjutkan perjalanan cukup panjang dengan rute Semarang - Cirebon- Jakarta melintasi Tol Trans Jawa. Dalam perjalanan ini, jurnalis menjajal teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0, yang tersemat pada Kijang Innova Zenix Q Hybrid.
Seperti diketahui, ada empat fitur keselamatan TSS yang terdapat pada Innova Zenix Hybrid, yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) and Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB). Beberapa fitur tersebut dapat diaktifkan melalui tombol dilingkar kemudi sehingga mudah dijangkau dan praktis.
Saat perjalanan panjang yang monoton di jalan tol, pengemudi cenderung jenuh sehingga terkadang kehilangan fokus. Peristiwa yang sering terjadi adalah mobil tiba-tiba oleng melintasi garis atau marka jalan, atau mengrem mendadak karena ada mobil yang melambat atau hendak menyalip kendaraan lain di depan.

Fitur TSS menarik yang dicoba jurnalis saat mengemudi di jalan tol adalah Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dan Lane Departure Alert (LDA) and Lane Tracing Assist (LTA). Apabila fitur DRCC diaktifkan kendaraan akan berjalan konstan dan mengikuti kendaraan di depan tanpa perlu menginjak gas atau rem. Mobil akan melambat dan mempercepat secara otomatis mengikuti kendaraan di depan.
Adapun saat fitur Lane Departure Alert (LDA) and Lane Tracing Assist (LTA) diaktifkan mobil secara otomatis mengoreksi arah kendaraan bila oleng melintasi garis jalan, sehingga mobil akan tetap berada di jalurnya. Di samping itu, apabila mobil terlalu dekat dengan kendaraan lain ada bunyi peringatan, yang kemudian kendaraan akan mengoreksi ke posisi aman.
Selapas di rest area Tol Pejagan menuju Jakarta, jurnalis berganti mobil mengendarai Innova Zenix tipe V bertransmisi otomatis. Mobil ini menggendong mesin bensin konvensional TNGA 2.0L berkode M20A7-FKS dengan kubikasi 1.987 cc empat silinder Dual-VVTi. Jantung pacu tersebut mampu menghemburkan tenaga 174 PS pada rpm 6.600 dan torsi 20,9 kgm pada 4.500-4.900 rpm.

Meski ada beberapa fitur Zenix Hybrid Q yang tidak ada pada tipe V, namun secara performa dan kenyamanan suspensi relatif sama. Secara keseluruhan, Kijang Innova Zenix memang memiliki karakter berbeda dari Innova Reborn atau generasi pendahulunya. Innova Zenix memiliki feel baru sebagai kendaraan modern dan lebih nyaman.
Kijang Innova Zenix sendiri memiliki tujuh tipe dibagi dalam tiga grade, yaitu Q, V dan G. Kijang Innova Zenix model bensin dijual mulai dari Rp419 juta hingga Rp470 juta. Sementara Innova Zenix Hybrid dibanderol Rp458 juta sampai Rp614 juta on the road (OTR) Jakarta.
Editor: Dani M Dahwilani