Mercedes-Benz Siapkan Sedan Listrik Pesaing Tesla Model S

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 15:17 WIB
Mercedes-Benz Siapkan Sedan Listrik Pesaing Tesla Model S

Produsen mobil mewah Jerman, Mercedes-Benz siap menghadang Tesla Model S dengan menghadirkan mobil listrik EQS. (Foto: Driving)

STUTTGART, iNews.id - Tesla saat ini menjadi kiblat mobil listrik. Wajar jika banyak pabrikan berlomba menghadirkan mobil listrik menjadi pesaing produsen asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

Dilansir dari Driving, Rabu (22/7/2020), salah satu pabrikan yang mencoba bersaing dengan Tesla adalah Mercedes-Benz (Mercy). Produsen mobil mewah Jerman ini siap menghadang Tesla Model S dengan menghadirkan mobil listrik EQS.

CEO Mercedes-Benz, Ola Kallenius mengatakan, mobil listrik baru Mercedes-Benz tersebut diklaim memiliki jarak tempuh sejauh 700 km hanya dalam sekali pengisian daya baterai penuh.

Kemampuan ini sesuai dengan perkiraan Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP) dari Mercedes-Benz Vision EQS yang melakoni debutnya di Frankfurt Motor Show 2019.

Jarak tempuh bahkan mengalahkan Tesla Model S Long Range yang hanya mencapai 609 km dengan sekali pengisian daya. Meski Tesla sudah meningkatkan driving range dengan mengurangi bobot mobil, daya jelajahnya hanya bertambah 34 km.

Jantung pacu Mercedes Vision EQS dibekali dengan dua motor listrik yang menghasilkan tenaga sebesar 469 hp dan torsi 759 Nm. Konfigurasi ini memungkinkan sedan listrik mewah tersebut dapat melaju 0-100 km/jam dalam 4,5 detik.

Kallenius menyebutkan, EQS akan menjadi model pertama yang menggunakan platform EV khusus dari Mercedes-Benz. EQS bermain di segmen yang sama dengan S-Class dalam kemewahan, kenyamanan dan keamanan serta menandai era baru bagi Mercedes dalam elektrifikasi.

Sayang, Kallenius belum bersedia mengungkapkan secara detail kapan EQS resmi diluncurkan ke pasar. Rumor yang beredar, sedan mewah listrik Mercedes-Benz ini bakal masuk jadwal produksi pada 2021.

Editor : Dani Dahwilani