Minim Infrastruktur, Alasan VW Tidak Mengirim SUV Listrik ID4 ke Asia

Riyandy Aristyo ยท Senin, 21 September 2020 - 15:20 WIB
Minim Infrastruktur, Alasan VW Tidak Mengirim SUV Listrik ID4 ke Asia

VW tidak mengirim SUV listrik ID4 ke Asia. (Foto: Caranddriver)

WOLFSBURG, iNews.id - Sport Utility Vehicle (SUV) listrik milik Volkswagen (VW) ID4 bakal dipasarkan di negara-negara Eropa dan Amerika. Artinya, sejumlah negara di Asia harus menunggu lebih lama untuk bisa melihat ID4 mengaspal di negaranya.

Dilansir dari Economic Times, Senin (21/9/2020), alasan Eropa dan Amerika menjadi pasar utama VW ID4 karena sudah memiliki industri otomotif yang matang.

Kendati demikian, ada satu negara Asia yang menjadi target utama SUV listrik tersebut yakni China. Alasannya, pasar mobil listrik di China sudah berkembang.

CEO Volkswagen, Ralf Brandstatter mengatakan, pihaknya tidak akan mengirimkan ID4 ke pasar Asia dalam waktu dekat, termasuk India meski VW memiliki pabrik di sana. Hal ini karena infrastruktur mobil listrik di Asia tidak cukup mumpuni.

"Saat ini, kami merasa pasar di sana belum matang. Perlu pengembangan infrastruktur mobil listrik yang terlalu mahal untuk pasar itu," kata Ralf Brandstatter.

Namun, tidak menutup kemungkinan di masa depan pasar mobil listrik di Asia akan berkembang dan membuat VW bisa mengirimkan sejumlah mobil listrik ke sana.

Sayangnya, Ralf tidak menjelaskan kapan mobil itu akan diluncurkan di Eropa dan AS. Dia juga tidak menjabarkan kapan mobil itu akan dijual di China.

Menurut Ralf, negara dengan infrastruktur kendaraan listrik yang terbatas dapat mencoba peluang sepeda motor listrik karena faktor investasi dan harga jualnya lebih terjangkau.

Editor : Tuty Ocktaviany