Mitsubishi Kembangkan Fitur AYC pada Xporce, Apa Fungsinya?
JAKARTA, iNews.id - Mitsubishi Motors terus mengembangkan teknologi terbaru pada jajaran kendaraannya. Salah satunya Active Yaw Control (AYC) yang dibenamkan pada SUV kompak Xforce.
Seperti apa fitur ini dan apa fungsinya? AYC adalah sebuah teknologi canggih yang membuat handling mobil jadi lebih presisi, stabil, dan responsif, terutama saat bermanuver di tikungan. Active Yaw Control berguna untuk mengontrol mobil agar lebih mudah dikendalikan di berbagai permukaan jalan.
“Fitur AYC itu gini, tindakan preventifnya double. Karena gini, segala macam yang hal urusannya kepleset itu kan diantisipasi dengan yang namanya Traction Control, ASC ya, Automatic Stability Control. Tapi advance-nya, ketika ASC sudah masuk sistemnya dan dia ingin mempertahankan mobil tanpa limbung di kecepatan tertentu, AYC itu masuk. Nah, fitur ini fitur advance, karena dia double protection untuk stability. So, it's very very good,” ujar Rifat Sungkar, pereli nasional sekaligus brand ambbasador Mitsubishi Indonesia, saat berbincang dengan wartawan, belum lama ini.
Dia menjelaskan cara kerjanya dengan membatasi perputaran roda melalui kombinasi berbagai sensor. AYC bekerja menggabungkan data dari ABS, throttle sensor, putaran mesin dan juga sudut setir. Fitur AYC akan bekerja saat pengemudi memakai mode berkendara selain Normal dan Mud. Berikut ulasannya.
Stabil saat Menikung Tajam
Dengan AYC, sistem akan secara aktif mengatur pengereman agar beban roda lebih seimbang saat menikung. Hasilnya, mobil tetap stabil dan tidak terasa membuang keluar. Sehingga cukup membantu di jalanan berliku atau saat mobil harus menikung tajam saat diperlukan.
Handling Lebih Presisi dan Responsif
Saat pengemudi membelokkan setir, gerakan mobil terasa responsif sesuai dengan input kemudi. Berkat AYC, pengemudi lebih percaya diri dan merasa “terhubung” dengan kendaraan, bahkan saat berkendara di kecepatan tinggi atau kondisi jalan yang tidak ideal.
Mengurangi Risiko Understeer
Understeer adalah kondisi di mana mobil sulit berbelok dan cenderung berjalan melawan arah setir. AYC mengurangi risiko ini dengan menyesuaikan torsi pengereman secara real-time sehingga mobil tetap patuh terhadap arah kemudi.
Aman di Permukaan Jalan Licin atau Tidak Rata
AYC juga membantu menjaga grip di kondisi jalan basah, berpasir, atau tidak rata. Misalnya saat belok di aspal basah, AYC memastikan ban depan tidak kehilangan cengkeraman, menjaga mobil tetap terkendali.
Bekerja Sama dengan Drive Mode
AYC bekerja dengan menggabungkan data dari ABS, throttle sensor, putaran mesin dan juga sudut setir. Fitur ini akan bekerja saat pengemudi memakai mode berkendara. Misalnya pada mode Wet, AYC akan mengatur perputaran roda dengan membatasi respons throttle dan mengaktifkan traction control agar mobil lebih bisa dikendalikan di jalanan basah. Sementara pada mode Gravel, setir akan terasa lebih berat agar pengemudi tidak mudah membelokkan setir di permukaan jalan berpasir sehingga mobil tetap dalam kendali.
Editor: Dani M Dahwilani