Mitsubishi Umumkan Recall Lancer EX, Outlander Sport dan Delica di Indonesia
JAKARTA, iNews.id – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan penarikan kembali (recall) Mitsubishi Lancer EX, Outlander Sport dan Delica dalam program Field Fix Campaign. Recall dilakukan terkait masalah pada Engine Auto Tensioner.
Kendaraan yang terlibat terdiri atas 1.217 unit Lancer EX produksi 2008-2010, dua unit Outlander Sport 2010-2011, dan satu unit Delica 2010.
MMKSI menjelaskan desain Engine Auto Tensioner yang kurang sempurna mengakibatkan tekanan (gaya) tahanan geser (sliding resistance force) menjadi tinggi seiring umur pemakaian, sehingga dapat memengaruhi durabilitas komponen tersebut. Hal ini dapat berpotensi menyebabkan dudukan Engine Auto Tensioner yang dibautkan ke blok mesin retak saat mesin sedang digunakan dalam kondisi beban/putaran tinggi secara berulang (overload driving).
Dalam kondisi terburuk, Engine Auto Tensioner akan patah/pecah dan drive belt yang berfungsi sebagai penerus putaran mesin untuk menyatukan putaran pompa oli power steering, putaran alternator, serta putaran pompa air sirkulasi cairan pendingin radiator ini terlepas. Dalam kondisi drive belt terlepas berakibat pada lampu engine check menyala, kehilangan tekanan oli power steering, performa baterai/accu menurun, dan mesin menjadi overheat. Namun hingga saat ini belum ada laporan kejadian dari adanya masalah pada Engine Auto Tensioner tersebut di Indonesia.
“Program kampanye perbaikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab kami dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan, serta memberikan jaminan layanan purnajual berkualitas. Kami terus memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia dengan komitmen dan tanggung jawab merek terhadap konsumen yang dilakukan melalui berbagai aktivitas, seperti kampanye perbaikan ini," ujar Director of Aftersales Division PT MMKSI Eiichiro Hamazaki dalam keterangan persnya kepada iNews.id, Kamis (27/2/2020).
"Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat memeriksakan kendaraannya di dealer resmi kami dengan prosedur yang mudah, serta kompensasi penggantian part yang terkait tanpa biaya,” katanya
MMKSI melalui dealer kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia akan mengirimkan surat undangan kampanye perbaikan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye. Dalam mengikuti kampanye perbaikan ini, konsumen tidak akan dipungut biaya apapun.
Perbaikan dilakukan dengan penggantian komponen baru yang telah dikembangkan lebih baik dengan estimasi waktu perbaikan sekitar 1,5 jam untuk penggantian Engine Auto Tensioner Lancer EX, Outlander Sport dan Delica. Kampanye perbaikan dimulai pada 28 Februari 2020 di seluruh dealer kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia.
Konsumen dapat menghubungi dealer kendaraan penumpang Mitsubishi terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye perbaikan ini, sekaligus Service Booking untuk kemudahan dalam pengaturan waktu perbaikan. Konsumen juga dapat memeriksa nomor rangka kendaraannya, apakah terlibat atau tidak pada kampanye perbaikan ini dengan mengakses website resmi Mitsubishi Indonesia.
Editor: Dani M Dahwilani