Mitsubishi Xpander Cross Mengaspal, Ini Tanggapan DFSK dan Wuling

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 12 November 2019 - 19:55 WIB
Mitsubishi Xpander Cross Mengaspal, Ini Tanggapan DFSK dan Wuling

Bagaimana tanggapan dua merek China, yakni DFSK dan Wuling terhadap kehadiran model mobil Xpander Cross? (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Mitsubishi telah meluncurkan varian terbaru MPV Xpander Cross di pasar Indonesia. Mobil ini diklaim sebagai perpaduan dari kendaraan multiguna MPV dengan ketangguhan Sport Utility Vehicle (SUV).

Mitsubishi pun secara terang-terangan model terbarunya ini menyasar pasar low SUV yang tengah tumbuh. Bagaimana tanggapan dua merek China, yakni DFSK dan Wuling terhadap kehadiran model mobil Xpander Cross?

Seperti diketahui, DFSK dan Wuling sama-sama memiliki model kendaraan SUV. Bahkan DFSK memfokuskan diri pada kendaraan SUV melalui Glory 560 dan Glory 580. Sementara Wuling mengandalkan Almaz di segeman SUV.

PR and Digital Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK) Arviane Dahniarny mengatakan, setiap kehadiran mobil baru pasti akan memberi pengaruh. Namun, sejauh ini DFSK tumbuh positif. Dia optimistis karena masing-masing punya segmentasi.

"Pastinya konsumen akan memiliki banyak pilihan. Namun, selama ini penjualan DFSK terus tumbuh di tengah pasar yang tengah turun," ujarnya.

DFSK sendiri telah mencatatkan penjualan ritel sebanyak 2.087 unit sepanjang Januari - September 2019. Capaian tersebut terdiri atas penjualan ritel kendaraan penumpang SUV sebanyak 1.039 unit dan kendaraan komersial sebanyak 1.048 unit.

Hal senada disampaikan Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani. Menurutnya, kehadiran Xpander Cross akan membuat pasar semakin besar serta memberikan banyak pilihan bagi konsumen.

"Masing-masing punya segmentasinya ya. Saya kira Wuling punya pasar sendiri demikian pula Mitsubishi. Yang pasti konsumen menjadi banyak pilihan," kata Dian.

Wuling sendiri mencatatkan penjualan yang apik pada Oktober 2019. Total mencapai 2.700 unit. Angka ini terdiri atas 1.976 unit domestik dan ekspor 724 unit.

Penjualan wholesales Wuling untuk pasar domestik pada Oktober 2019 turun tipis dibanding penjualan September 2019 sebanyak 2.000 unit. Demikian pula ekspor turun dari 770 unit pada September 2019 menjadi 724 unit (Oktober 2019). 

Model terlaris untuk Oktober 2019 adalah SUV Wuling Almaz 1.171 unit, termasuk ekspor.
Sementara total penjualan wholesales Wuling Januari-Oktober 2019 mencapai 15.784 unit. Wuling Almaz menjadi kontributor terbesar penjualan dengan angka 6.700 unit, disusul Wuling Confero (6.408 unit), Wuling Cortez (2.450 unit) dan Wuling Formo (226 unit). 


Editor : Dani Dahwilani