Mobil Nasional Malaysia Terbaru Gendong Mesin Hybrid

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 23 November 2019 - 06:45 WIB
Mobil Nasional Malaysia Terbaru Gendong Mesin Hybrid

Prototipe mobil nasional Malaysia ini akan dirilis pada Maret 2020 dan produksinya diprediksi debut pada Maret 2021. (Foto: Paultan)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Proyek New National Car Project (NNCP) akan dikelola Malaysian Company Dream Edge. Nantinya, mobil nasional Malaysia terbaru akan datang dari segmen sedan bermesin hybrid.

Dikutip dari Paultan, Sabtu (23/11/2019), CEO of DreamEdge, Khairil Adri Adnan mengatakan, mobil nasional Malaysia tersebut akan menjadi mobil plus-sized B-segment.

Rencananya, prototipe mobil nasional Malaysia ini akan dirilis pada Maret 2020. Sementara versi produksinya diprediksi melakoni debut pada Maret 2021.

NNCP tidak akan membuat mobil versi full electric seperti yang diberitakan selama ini. Mereka akan menggantinya dengan mobil hybrid, menggunakan mesin pembakaran internal dengan sistem tenaga listrik.

Namun, mobil nasional tersebut tidak akan masuk ke pasar kendaraan produksi massal, tapi untuk segmen pasar yang lebih spesifik. Hal ini untuk menghindari konflik dengan pabrikan mobil Malaysia lainnya, seperti Proton dan Perodua.

NNCP berharap, dengan adanya sedan hybrid bisa memberikan manfaat untuk industri Electrical and Electronic (E&E) lokal dan industri otomotif semikonduktor melalui transfer teknologi serta strategi bersama Toyota, Daihatsu, dan Geely.

"Kami sudah melihat manfaat dari Proton-Geely, yang mana model Proton mendapatkan teknologi canggih seperti intelligent infotainment system, yang bisa meningkatkan pengalaman berkendara dengan harga yang sangat murah," kata Khairil.


Editor : Dani Dahwilani