Mobil Pertama Mercedes-Benz Hadir di Museum Nasional Indonesia

Riyandy Aristyo ยท Senin, 10 Februari 2020 - 16:06 WIB
Mobil Pertama Mercedes-Benz Hadir di Museum Nasional Indonesia

Mobil pertama Mercedes-Benz hadir di Museum Nasional Indonesia. (Foto: Autodevot)

JAKARTA, iNews.id - Menandai 50 tahun kehadirannya di Indonesia, Mercedes-Benz memberikan replika Mercedes-Benz Patent Motorwaagen kepada Museum Nasional Indonesia. Ini merupakan tiruan dari mobil produksi pertama pabrikan asal Jerman tersebut.

Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Choi Duk Jun mengatakan, penyerahan mobil ini merupakan bentuk dukungan Mercedes untuk Museum Nasional Indonesia dan terus memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat.

"Kami bangga merayakan 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia dengan berkontribusi pada museum dan upaya di bidang pendidikan dan budaya transportasi," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Senin (10/2/2020).

Choi menyatakan kebanggaannya lantaran Mercedes-Benz merupakan mobil pertama yang ada di Indonesia. "Mercedes-Benz telah memainkan peran penting dalam sejarah mobilitas di Indonesia karena mobil pertama yang hadir di Indonesia adalah Benz," katanya.

Rencananya, Mercedes-Benz Patent Motorwaagen akan dipajang di ruang pamer Museum Nasional Indonesia mulai 8 hingga 15 Februari 2020.

Sebagai informasi, Mercedes-Benz Patent-Motorwagen pertama kali hadir di Pulau Jawa pada 1984. Kala itu namanya Benz Victoria Phaeton yang dimiliki oleh Sultan Solo, Pakoe Boewono X.

Pakoe Boewono X mendapatkan mobil tersebut melalui perusahaan di Passer Besar, Surabaya bernama Prottle & Co yang diimpor dari Eropa seharga 10.000 gulden.

Desainnya mirip delman lengkap dengan roda kayu dan ban karet yang keras. Mobil tersebut dibekali dengan mesin 1-silinder berkapasitas 2.000 cc. Namun, tenaga yang dihasilkan mesin tersebut cukup kecil yakni hanya 5 hp.


Editor : Tuty Ocktaviany