Mobil Sulit Dihidupkan saat Di-starter, Ini 5 Penyebabnya

Bertold Ananda · Kamis, 25 November 2021 - 10:39:00 WIB
Mobil Sulit Dihidupkan saat Di-starter, Ini 5 Penyebabnya
Mobil sulit dihidupkan saat di-starter menjadi indikator kendaraan mengalami bermasalah kenali lima penyebabnya. (Foto: Starter Inspection)

JAKARTA, iNews.id - Mobil sulit dihidupkan saat di-starter menjadi indikator kendaraan mengalami bermasalah. Bila terjadi di perjalanan ini akan merepotkan. 

Untuk menghindari kejadian tersebut segera cari tahu penyebab dan cara mengatasinya. Dilansir dari Auto2000 berikut lima penyebab mobil sulit dihidupkan saat di-starter dan cara mengatasinya.

1. Aki soak

Aki  (accu) atau baterai yang soak sering menjadi penyebab utama starter mulai berat. Aki merupakan komponen penting sebagai suplai arus listrik keseluruhan mobil. 

Bila aki soak tidak bisa memasok arus listrik secara maskimal. Sebaiknya periksa kondisi aki Anda dengan menggunakan voltmeter untuk melihat tegangannya. Jika sudah soak charge aki mobil Anda untuk mengembalikan arus listrik kembali. Bila masih bermasalah segera ganti dengan aki yang baru.

2. Busi kotor

Komponen busi jika terlalu kotor akan menghambat percikan api pada ruang bakar. Ini bisa menyebabkan mobil sulit dinyalakan karena kotoran pada sistem pembakaran yang menempel pada busi. Sebab itu rawatlah komponen tersebut dengan cara membersihkan secara berkala. Jika ingin keawetan lebih lama maka ganti busi mobil Anda dengan yang baru.

3. Karburator banjir

Bagi Anda yang memiliki mobil tua yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator bisa jadi mengalami banjir atau rembes. Cara mengatasinya membongkar karburator mobil dan lakukan penyetelan ulang agar kembali berfungsi normal.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: