Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Mobil Klasik Corolla GL Hangus Terbakar di Margonda Depok
Advertisement . Scroll to see content

10 Mobil Tertua di Dunia Jadi Harta Karun Kolektor, Ada yang Berumur 253 Tahun

Minggu, 17 April 2022 - 16:45:00 WIB
10 Mobil Tertua di Dunia Jadi Harta Karun Kolektor, Ada yang Berumur 253 Tahun
Ada banyak mobil yang dibuat sebelum kendaraan besutan Henry Ford diproduksi, yang saat ini usianya lebih dari 100 tahun. (Foto: Istimewa)
Advertisement . Scroll to see content

4. La Marquise

Dibangun pada 1884 oleh De Dion-Bouton et Trepardoux untuk Count De Dion, La Marquise adalah mobil tertua yang dikhususkan untuk balap. Mobil ini diklaim telah memenangkan balapan mobil pertama pada 1887.

La Marquise terakhir dilaporkan terjual pada 2011. Mobil yang satu ini berhasil memecahkan rekor lelang untuk mobil tua dengan harga jatuh di angka 4,6 juta dolar AS atau sekitar Rp66 miliar.

5. Benz Patent-Motorwagen 1886

Benz Patent Motorwagen secara umum diakui dalam sejarah mobil sebagai mobil bertenaga bensin pertama. Sebenarnya mobil ini dibangun pada 1885, namun belum dipatenkan sampai 1886.

Benz Patent-Motorwagen didukung mesin satu silinder berkapasitas 954 cc yang menghasilkan dua pertiga tenaga kuda. Bahan bakar awlnya dipasok ke mesin melalui penguapan, tetapi Benz menambahkan karburator yang belum sempurna pada model selanjutnya.

6. Hammelvognen

Dibangun pada 1886, Hammelvognen adalah mobil pertama yang dibangun di Denmark. Mobil ini didukung mesin dua silinder yang mampu menghasilkan tiga tenaga kuda. Tenaga yang dihasilkan tersebut cukup inovatif kala itu.

Hammelvognen diperkirakan memiliki kecepatan tertinggi enam mil per jam. Mobil ini juga sukses menyabet gelar salah satu mobil tertua di dunia yang menawarkan rem dan gigi mundur.

 7. Daimler-Maybach Stahlradwagen 1889

Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach adalah pelopor mobil dengan mesin pembakaran internal (ICE). Duo ini adalah teman seumur hidup dan terus bekerja sama sampai kematian Daimler.

Daimler lebih mementingkan powerplant, sementara Maybach melihat mobil secara keseluruhan. Dari buah pikiran keduanya lahir mobil Stahlradwagen yang didukung mesin satu silinder yang diletakkan di bawah pengemudi.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut