Mobil Turbo Diisi Pertalite, Jangan Komplen Kalau Tenaga Jadi Loyo dan Boros
Seperti diketahui, mobil mesin turbo memiliki kompresi yang tinggi dan membutuhkan pengapian besar untuk memaksimalkan kinerja mesin.
Tetapi jika berada dalam keadaan mendesak, Rifat Sungkar menyarankan untuk melakukan beberapa perubahan agar kendaraan tetap optimal.
Namun, hal tersebut akan memakan biaya lebih besar dan mobil juga tidak akan memiliki tenaga seperti yang seharusnya.
“Contohnya, dengan oktan tinggi injeksi membutuhkan 10 cc dalam sekali tembakan, tapi dengan oktan rendah membutuhkan 12 cc karena pengapiannya kurang maksimal,” ujar Rifat.
Dia menjelaskan solusinya adalah agar mesin tidak mengelitik maka tenaganya harus diturunkan. Jadi, sebenarnya agar rumit jika mobil mesin turbo harus menggunakan bahan bakar oktan rendah.
“Saya menyarankan mesin mobil turbo selalu menggunakan bahan bakar yang disarankan agar bekerja dengan maksimal, baik dari injeksinya, pembakarannya, dan juga pipa direct injection sekarang lebih sensitif jadi bisa lebih awet,” katanya.
Untuk kendaraan saat ini, pihak ATPM selalu menyarankan penggunaan bahan bakar yang memiliki oktan 92 ke atas agar mesin lebih awet dan performanya maksimal.
Editor: Dani M Dahwilani