Model Xpander Crossover Meluncur, Ini Merek-Merek yang Terancam

Dani M Dahwilani ยท Senin, 11 November 2019 - 08:17 WIB
Model Xpander Crossover Meluncur, Ini Merek-Merek yang Terancam

Kira-kira merek mobil apa saja yang terancam dengan kehadiran kendaraan yang disebut-sebut sebagai Xpander Crossover ini? (Foto: Grafis/Ilustrasi)

JAKARTA, iNews.id - Mitsubishi sebentar lagi akan meluncurkan model kendaraan baru yang diklaim perpaduan antara mobil multiguna MPV dan sport utility vehicle (SUV). Mobil ini berada di atas small MPV Mitsubishi Xpander.

Kira-kira merek mobil apa saja yang terancam dengan kehadiran kendaraan yang ramai disebut-sebut sebagai Xpander Crossover ini?

Jika melihat segmentasi, berada satu tingkat di atas mobil low MPV ada low SUV yang selama ini memiliki segmen pasar sendiri. Kehadiran model baru Mitsubishi tersebut diyakini akan memperketat persaingan di segmen tersebut yang selama ini didominasi trio Jepang, yakni Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V.

Ini bukan tanpa alasan, karena secara dimensi dan kapasitas mesin, mobil-mobil tersebut berada di kelas yang sama. Sebut saja Toyota Rush dan Daihatsu Terios menggendong mesin bensin 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 102 hp dan torsi 136 Nm. Mesin ini juga digunakan model low MPV Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Untuk Honda BR-V menggendong mesin berkapasitas 1.497 cc i-VTEC yang sanggup menghemburkan tenaga 120 ps pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm. Jantung pacu ini juga diterapkan pada low MPV Honda Mobilio.

Untuk model baru Mitsubishi diyakini akan menggendong mesin yang sama dengan Xpander, yakni MiVEC 16 Valve berkapasitas 1.499 cc. Dapur pacu ini menghasilkan daya 104 ps pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Namun, tidak menutup kemungkinan kemampuan mesin pada mobil ini ditingkatkan.

Untuk merek Jepang lain, Suzuki telah memiliki All New Suzuki Ertiga Sport bermesin K15B, DOHC, 1.462 cc yang mampu menyemburkan tenaga 104,7 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.000 rpm. Namun, Suzuki tidak tinggal diam. Dalam waktu dekat mereka juga akan menghadirkan model SUV yang disebut-sebut berbasis Maruti Suzuki XL6 yang telah meluncur di India.

Di luar merek Jepang, ada dua mobil China yang sama-sama memiliki varian di kelas low SUV, yakni DFSK Glory 560 dan Wuling Almaz. Jika melihat kondisi demikian, segmen ini dipastikan akan semakin ketat mengingat banyaknya pendatang baru.


Editor : Dani Dahwilani