Modifikasi Bodi Mobil Gunakan Stiker atau PPF, Ini Harus Diperhatikan Agar Awet

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 02 Oktober 2022 - 07:52:00 WIB
Modifikasi Bodi Mobil Gunakan Stiker atau PPF, Ini Harus Diperhatikan Agar Awet
Apa saja yang harus diperhatikan pada mobil yang menggunakan stiker agar awet? (Foto: Dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu permasalahan yang dialami pemilik kendaraan adalah cat mobil mudah baret. Terlebih, untuk kendaraan di jalanan kota yang padat, berbagai hal bisa terjadi pada bodi mobil.

Sejumlah cara dilakukan pemilik kendaraan dan modifikator untuk menjaga orsinilitas cat mobil mereka. Selain memasang Paint Pritection Films (PPF) ada juga yang menggunakan stiker

Keunggulan menggunakan PPF cat terlindungi lebih tahan dan awet. Sementara stiker pemilik kendaraan bisa lebih banyak berkreasi mengganti warna sesuai dengan selera.

Namun, stiker sifatnya bukan permanen perlu perawatan yang benar agar awet. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan pada mobil yang menggunakan stiker?

Research and Development dari Maxdecal, Nofian Hendra menjelaskan, ada dua macam stiker untuk kendaraan, yaitu berbasis air (water based) dan oil based. Namun, untuk kondisi Indonesia yang trofis lebih cocok oil based karena lebih tahan cuaca.

"Stiker selain untuk melindungi cat mobil juga digunakan para modifikator untuk mengubah tampilan mobil tanpa mengubah cat dasar. Namun, ini sifatnya sementara," ujar Nofian di pameran IMX 2022, Sabtu (1/10/2022).

Dia menuturkan agar stiker awet ada hal yang harus diperhatikan dalam perawatan. Hindari penggunaan sabun saat mencuci mobil. Ini karena akan cepat merusak permukaan stiker.

"Stiker tidak boleh banyak dicuci (menggunakan sabun). Karena dia bisa sobek, penggunaannya 2-3 tahun. Cukup menggunakan lap halus. Jangan sering mencuci mobil ke car wash, bersihkan mobil secara berkala saja," katanya.

Dia mengungkapkan untuk model stiker 9800 Series menyerupai cat asli dengan teknologi anti gores dan anti gelembung, membuatnya paling cocok sebagai stiker otomotif dan modifikasi. Menariknya stiker ini bisa di-coating layaknya cat.

Nofian mengungkapkan Maxdecal telah meluncurkan 32 warna baru dari sticker 9800 Series pada ajang kick-off IMX 2022. “Awal tahun ini, kami telah merilis 32 warna baru yang menampilkan permukaan super glossy layaknya cat mobil, serta berkualitas tinggi. Saat ini secara total sudah lebih dari 100 warna sticker Maxdecal tersedia,” ujarnya

Di sisi lain, ada yang menarik di booth Maxdecal. Mobil klasik milik Bambang Soesatyo, ketua MPR RI sekaligus ketua umum IMI, yaitu Mercedes-Benz 500SEL. Limousine ini pernah menjadi mobil kepresidenan era Soeharto pada 1990-an. Mobil tersebut ternyata telah dipasang PPF sehingga terlindungi dari benturan, gesekan dan sengatan sinar matahari. Catnya pun terlihat original.

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda