NASA Akan Kirim Viper, Kendaraan yang Dirancang untuk Mencari Sumber Air di Bulan

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 13 Juni 2020 - 16:01 WIB
NASA Akan Kirim Viper, Kendaraan yang Dirancang untuk Mencari Sumber Air di Bulan

VIPER (Foto: NASA)

CALIFORNIA, iNews.id - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bakal kembali mengeksplorasi wilayah Bulan. Kabarnya, mereka sudah menyiapkan kendaraan untuk mencari sumber mata air di sana.

Dilansir dari Spacecoastdaily, Sabtu (13/6/2020), NASA akan mengirimkan kendaraan bernama Viper (Volatiles Investigating Polar Exploration Rover) yang dinilai cocok lantaran hanya berbobot 435 kg dan seukuran mobil golf.

Kendaraan eksplorasi ruang angkasa ini dirancang untuk bergerak melintasi permukaan Bulan dan mampu dikendalikan dari jarak bermil-mil untuk menyusuri kemungkinan adanya sumber air yang diduga terpendam dan menjadi es di sana.

"Viper akan menilai titik lokasi air es di bulan. Kita akan mendeteksi keberadaan air es dan pada akhirnya mengebornya," kata Administrator NASA, Jim Bridenstine.

Viper bakal dilengkapi bor berukuran 1 meter yang digunakan untuk mengambil sampel tanah dan mencari jejak air. Lokasi Viper yang akan melakukan misi adalah tempat yang sama di mana astronot NASA dijadwalkan mendarat pada 2024.

Kendaraan ini diperkirakan akan tiba di kutub selatan (titik peluncuran) paling lambat pada 2023. Berbekal solar-charged battery dan kecepatan maksimal 0,45 mil per jam, Viper akan mengemban misi di luar angkasa selama 100 hari.

Sebagai informasi, misi ini merupakan bagian dari program Commercial Lunar Payload Services, sebuah cabang dari Program Crew Komersial yang baru saja berhasil mengirim dua orang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Selama beberapa tahun terakhir, NASA telah menggunakan perusahaan swasta untuk misinya sebagai cara penghematan biaya, pengembangan dan mempercepat program eksplorasi Artemis Moon (program mendaratkan kembali manusia di Bulan pada 2024).

Editor : Dini Listiyani