Negara Miskin, Papua Nugini Jual Murah 40 Maserati Bekas Pejabat

Dani M Dahwilani · Selasa, 05 Oktober 2021 - 11:37:00 WIB
Negara Miskin, Papua Nugini Jual Murah 40 Maserati Bekas Pejabat
Mobil mewah Maserati Quattroportes bekas acara KTT APEC yang dibeli pemerintah Papua Nugini dijual murah. (Foto: Istimewa/Carscoops)

PORT MORESBY, iNews.id - Mobil mewah Maserati Quattroportes yang dibeli pemerintah Papua Nugini dijual murah. Sebanyak 40 unit sedan Italia itu diimpor untuk mengangkut pejabat yang menghadiri KTT Asia-Pacific Economic Corporation (APEC) 2018.

Setiap mobil dilaporkan berharga lebih dari 142.000 dolar AS, dengan total anggaran sekitar 6 dolar AS. Padahal, Papua Nugini adalah salah satu negara termiskin di APEC, dengan 40 persen penduduknya hidup kurang dari 1 dolar AS per hari (berdasarkan data PBB).

Namun, bukan hanya biaya pembelian yang mahal dikeluarkan pemerintah yang menimbulkan pertanyaan. Pilihan kendaraan sangat menarik perhatian, paling tidak karena Maserati tidak memiliki perwakilan dealer di negara kepulauan tersebut.

The Guardian melaporkan Maserati dibeli dari dealer di Sri Lanka diterbangkan ke negara itu melalui jet Jumbo. Selain 40 Maserati, tiga Bentley Flying Spurs juga dibeli.

Pada 2015, BMW mensponsori lebih dari 200 kendaraan untuk KTT di Filipina, setelah itu mobil dijual ke publik. Tetapi tanpa dealer Maserati di Papua Nugini, tidak ada kemungkinan pengaturan sponsor serupa.

Namun, para menteri Papua Nugini kala itu mengklaim mobil-mobil tersebut akan terjual seperti kacang goreng. Tapi, tiga tahun kemudian hanya dua yang terjual.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: