Nissan Dilaporkan Percepat Rencana Pisah dengan Renault

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 08:08 WIB
Nissan Dilaporkan Percepat Rencana Pisah dengan Renault

Buntut Carlos Ghosn, eksekutif senior Nissan dilaporkan tengah mempercepat rencana perpisahan dengan mitra aliansinya, Renault. (Foto: Carscoops)

TOKYO, iNews.id - Eksekutif senior Nissan dilaporkan tengah mempercepat rencana perpisahan dengan mitra aliansinya, Renault. Ini sebagai rencana yang tampaknya sudah ada sejak mantan chairman aliansi Carlos Ghosn ditangkap di Tokyo atas tuduhan manipulasi laporan keuangan.

Mengutip beberapa sumber terkait masalah ini, Financial Times menyebutkan, rencana Nissan melibatkan pemisahan total dalam rekayasa dan manufaktur dari Renault, serta perubahan baru di dewan perusahaan.

Pelarian Ghosn dari Jepang semakin membulatkan tekad Nissan untuk berpisah, menunjukkan ketegangan antara perusahaan Jepang dan Renault masih jauh dari selesai.

Kemitraan Nissan dengan Renault kini semakin pelik. Eksekutif senior Nissan percaya perusahaan Prancis itu sekarang menjadi hambatan bagi mereka.

Masih belum jelas seberapa besar kemungkinan perpecahan akan terjadi, karena Renault adalah pemegang saham terbesar Nissan dan mereka telah berupaya memperbaiki kemitraan. Bahkan, Chairman Renault Jean-Dominique Senard direncanakan untuk mengumumkan beberapa proyek bersama pekan mendatang.

"Kami tidak dapat bertahan hidup jika kami tidak bergerak cepat sekarang untuk berbagi secara nyata," ujar Senard, dalam wawancara bulan lalu, seperti dilansir dari Carscoops.

Sumber lain menambahkan, CEO Nissan yang baru diangkat, Makoto Uchida telah bekerja sama dengan Senard untuk meluncurkan proyek-proyek bersama. Tetapi Uchida sebagai CEO Nissan gagal memadamkan ketidakpercayaan terhadap Renault di dalam perusahaan.

Para eksekutif Jepang dikatakan sedang mencari tahu apa yang didapat Nissan dari aliansi. Apa yang diperlukan untuk menyediakan teknik dan manufaktur secara mandiri.


Editor : Dani Dahwilani