Pandemi Covid-19, Jasa Perawatan Mobil Tumbuh
JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 telah memukul industri otomotif di Indonesia. Banyak pelaku usaha di berbagai sektor otomotif terkena dampaknya.
Namun, bagi jasa perawatan mobil ini justru menjadi peluang dalam mengembangkan layanan. Ini karena banyak pemilik kendaraan yang memanfaatkan waktu di rumah (work form home/WFH) membawa kendaraannya ke jasa perawatan untuk coating, detailing atau fooging (sterilisasi dari kuman, bakteri dan virus).
Owner perawatan kendaraan Luminoz, Hartawan mengatakan, pandemi Covid-19 menjadi tantangan sekaligus peluang bagi bisnis perawatan kendaraan. Banyak pemilik kendaraan yang merawat mobilnya setelah sebelumnya sibuk dengan berbagai aktivitas.
"Bagi kami justru ini menjadi peluang karena banyak pemilik kendaraan yang merawat kendaraannya di masa pandemi. Untuk itu, kami mengembangkan usaha dengan membuka dealership," ujarnya di Jakarta, Minggu (6/9/2020).
Hartawan menuturkan, pihaknya membuka outlet pertama di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan. Kehadirannya positif banyak konsumen yang datang untuk jasa perawatan.
"Sekitar tiga bulan lalu kami membuka outlet di Radio Dalam. Itu momennya pada saat PSBB. Banyak konsumen tidak hanya di daerah Jakarta Selatan, ada pula yang jauh-jauh di Jakarta Utara dan Pusat," katanya.
Atas dasar itu, lanjut Hartawan, pihaknya membuka dealership di kawasan Pantai Indah Kapuk. "Fasilitas ini sebagai dealership sekaligus kantor pusat. Diharapkan konsumen dari Jakarta Utara dan Pusat, yang selama ini harus jauh-jauh ke Jakarta Selatan, tidak perlu jauh mendapatkan layanan," ujarnya
Operation Manager Luminoz, Adrian Hartanto menambahkan, saat ini banyak pemilik kendaraan yang sudah sadar akan pentingnya perawatan mobil seperti coating. Ini penting agar penampilan kendaraan terjaga dan tidak cepat kusam.
"Coating sangat membantu perlindungan cat kendaraan, sehingga jika terjadi kerusakan dapat diredam oleh coating, serta mempermudah perawatan kendaraan sehari-hari karena jamur dan debu tidak mudah menempel," katanya
Terkait persaingan usaha, Adrian menyebutkan, pihaknya yakin dapat memberikan pelayanan terbaik. "Produk kami dirancang untuk mempermudah customer merawat kendaraan. Dimulai dari maintenance gratis tidak ada biaya tambahan. Kami memiliki sifat customer oriented yang selalu siap membantu customer jika menghadapi kesulitan dalam perawatan kendaraan," ujarnya.
Editor: Dani M Dahwilani