Pasar Kendaraan Komersial Tertekan pada 2020, Ini Strategi Isuzu di 2021
JAKARTA, iNews.id - Gaikindo mencatat realisasi penjualan (retail sales) otomotif pada 2020 sebanyak 578.306 unit. Jumlah tersebut turun 44,6 persen dibandingkan 2019.
Khusus segmen komersial penjualan retail pada 2020 terjadi penurunan 37,8 persen. Kendati demikian, Isuzu mencatatkan penurunan lebih kecil, yakni 29,5 persen. Isuzu membukukan penjualan 17.855 unit pada 2020 dengan market share naik 0,7 persen dibandingkan 2019.
Bahkan, untuk model Isuzu Traga mencatat kenaikan pangsa pasar dari 15,8 persen atau 6.151 unit pada 2019 menjadi 27,1 persen atau 6.660 unit pada 2020, tumbuh year to date sebesar 8,3 persen.
Bagaimana menghadapi 2021? Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Jap Ernando Demily mengatakan, sebagai Real Partner Real Journey, Isuzu terus berupaya menjadi mitra strategis pelanggan dalam mendukung kegiatan bisinis yang lebih efektif dan efisien.
“DNA Isuzu yang sudah terkenal sejak Isuzu Panther (irit) inilah yang kami kembangkan pada kendaraan komersial Isuzu,” ujar Ernando, dalam video conference, Rabu (11/2/2021).
Marketing Division Head PT IAMI, Attias Asril menjelaskan, upaya jemput bola servis lewat layanan Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) akan terus ditingkatkan pada 2021. Melalui strategi itu, konsumen tak perlu kehilangan waktu kendaraan harus mendatangi bengkel untuk servis.