Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Hyundai Luncurkan Mobil Listrik Baru Elexio, Jarak Tempuh Tembus 722 Km
Advertisement . Scroll to see content

Pasar Otomotif Goyang, Hyundai Dorong Revolusi Kendaraan Listrik hingga Hidrogen

Sabtu, 01 November 2025 - 23:15:00 WIB
Pasar Otomotif Goyang, Hyundai Dorong Revolusi Kendaraan  Listrik hingga Hidrogen
Di tengah kondisi pasar otomotif yang melambat, Hyundai melangkah dengan strategi berani mengembangkan sumber energi masa depan.  (Foto: Dok iNews.id)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Di tengah kondisi pasar otomotif yang melambat, Hyundai melangkah berani dengan strategi besar menuju energi masa depan. Melalui investasi triliunan rupiah, inovasi kendaraan listrik, hingga proyek hidrogen berskala global, Hyundai menegaskan komitmennya sebagai pelopor mobilitas berkelanjutan di dunia.

“Kalau kita bicara industri otomotif Indonesia, kondisinya saat ini sebenarnya tidak baik-baik saja,” ujar COO PT Hyundai Motor Indonesia (HMID), Fransiscus Soerjopranoto, dalam forum diskusi “Synergizing Energy, Finance, & Agribusiness for a Greener Future” yang digelar Infobank dan Kemenpora di Tangerang Selatan, belum lama ini.

Menurut Frans, penjualan mobil nasional idealnya mencapai 1 juta unit per tahun kini hanya berada di kisaran 720–780 ribu unit. “Padahal, Indonesia pernah mencatat masa keemasan seperti era Avanza–Veloz pada 2002 dan program LCGC pada 2013,” katanya.

Sejak diterbitkannya PP 55 Tahun 2019 tentang percepatan kendaraan listrik, Hyundai menjadi pionir dalam membangun ekosistem elektrifikasi di Tanah Air. Perusahaan ini memperkenalkan Kona Electric dan Ioniq, lalu meluncurkan Ioniq 5 yang kini diproduksi lokal di Cikarang.

“Produk saja tidak cukup,” tegas Frans. Karena itu, Hyundai menggelontorkan investasi 3 miliar dolar AS atau sekitar Rp50 triliun untuk membangun pabrik kendaraan, pabrik baterai, serta fasilitas komponen lokal. Kolaborasi Hyundai–LG menghasilkan pabrik baterai berkapasitas 10 gigawatt-hour, cukup untuk 150 ribu kendaraan listrik per tahun.

Tak berhenti di situ, Hyundai juga memperluas lini produknya dengan model Santa Fe Hybrid, Tucson Hybrid, dan Palisade Hybrid, membuktikan bahwa elektrifikasi menjadi fokus utama strategi global perusahaan.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut