Penjualan Daihatsu Naik 12 Persen, Gran Max Jadi Kontributor Terbesar
JAKARTA, iNews.id - Mengawali semester kedua 2025, kondisi pasar otomotif di Indonesia menunjukkan optimisme. Pada periode Juli 2025, pasar ritel (dealer ke konsumen) otomotif nasional mengalami kenaikan 1,8 persen dibandingkan Juni lalu, menjadi 62.000 unit. Sementara itu, pasar wholesales (pabrik ke dealer) naik sebesar 4,8 persen menjadi sekitar 60 unit.
Sejalan dengan kenaikan pasar, pada Juli 2025 penjualan Daihatsu mencatatkan capaian positif dengan kenaikan melebihi pasar otomotif nasional, yaitu sebesar 12 persen, baik pada penjualan ritel yang mencapai 11.220 unit, maupun wholesales sebanyak 10.451 unit.
Adapun model kendaraan yang berkontribusi terbesar penjualan ritel Daihatsu pada Juli 2025 didukung empat model utama. Pertama, Gran Max Pick Up sebanyak 3.872 unit, disusul Sigra sebanyak 2.822 unit, Gran Max Mini Bus 1.357 unit, dan Terios 1.314 unit.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan terhadap Daihatsu, sehingga dapat mengawali semester kedua tahun ini dengan hasil positif, yaitu kenaikan market share penjualan ritel menjadi 17,9.persen di tengah kondisi pasar otomotif yang masih menantang," ujar Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani dalam keterangan persnya dilansir Senin (18/8/2025).
"Selama ini, Daihatsu menjadi pilihan masyarakat yang menginginkan mobil terjangkau dengan harga hingga Rp300 juta. Kontribusi segmen ini mendekati 50 persen pasar otomotif Indonesia, di mana Daihatsu berkontribusi 34,5 persen," katanya.
Secara nasional, segmen mobil penumpang dan komersial tetap menjadi favorit masyarakat. Khususnya segmen low cos green car/LCGC MPV dan LCGC Hatchback mengalami kenaikan dibandingkan bulan lalu menjadi sebesar 17,1 persen dengan total sekitar 11 ribu unit. Di mana di dalamnya model LCGC Daihatsu seperti Sigra dan Ayla yang berkontribusi sekitar 35 persen.
Begitu juga dengan pasar segmen komersial pada Pick Up Low yang meningkat mencapai 9,7 persen atau sekitar 6.000 unit, dengan kontribusi model Daihatsu Gran Max Pick Up mendominasi sebesar 63 persen di segmen ini. Capaian tersebut semakin memperkuat Daihatsu dengan perolehan market share ritel sebesar 17,9 persen.
Untuk menggenjot penjualan, Daihatsu juga memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat memiliki mobil baru. Upaya tersebut didukung jaringan luas di lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia.
Editor: Dani M Dahwilani