Perbandingan Rangka eSAF dengan Sasis Biasa, Cek Mana yang Lebih Kuat
Secara harfiah, deformasi adalah perubahan bentuk atau ukuran dari sebuah objek. Pada rangka eSAF, Honda mengklaim hampir tidak ada deformasi pada proses pembuatannya dengan menggunakan alat teknologi canggih.
Penggunaan rangka eSAF juga memungkinkan ruang bagasi dan tangki bahan bakar lebih besar daripada sebelumnya. Untuk Honda Genio, kapastias bagasinya mencapai 14 liter, dan tangki bahan bakarnya hingga 4,2 liter.
Model terbaru Honda Vario 160 memiliki ruang bagasi sebesar 18 liter dengan tangki bahan bakar yang dapat menampung 5,5 liter. Tapi, dengan kapasitas mesin yang sama, PCX 160 dan ADV 160 tak menggunakan rangka eSAF
General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan hal tersebut dilakukan berdasarkan pertimbangan banyak hal. Penentuan jenis platform disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
“PCX sama ADV kenapa nggak pakai eSAF? Ya, karena memang setiap produk itu kita kembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan konsumennya itu sendiri. Pengembangan sebuah produk diawali riset sesuai dengan kebutuhan konsumen,” kata Muhib saat ditemui di Cikarang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
Berdasarkan laman Astra Honda Motor, PCX 160 dan ADV 160 menggunakan rangka Double Cradle. Ini merupakan jenis rangka yang terdiri atas dua buah pipa penyangga kedua sisi mesin, Double Cradle yaitu dudukan ganda. Ini menjadikan motor tersebut lebih kokoh, dan tak terimbas kasus rangka keropos.
Editor: Dani M Dahwilani