Perbedaan Mesin DOHC dan SOHC, Pilih yang Paling Irit atau Bertenaga

Rio Chandra Putra Pratama ยท Senin, 24 Januari 2022 - 13:56:00 WIB
Perbedaan Mesin DOHC dan SOHC, Pilih yang Paling Irit atau Bertenaga
Banyak yang bertanya perbedaan mesin DOHC dan SOHC, mana yang paling efisien dan bertenaga? (Foto: Quora/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Banyak yang bertanya perbedaan mesin DOHC dan SOHC. Mana yang paling efisien dan bertenaga, Double Overhead Camshaft (DOHC) atau Single Overhead Camshaft (SOHC)?

Saat melihat spesifikasi mesin pada sebuah kendaraan, di bagian engine biasanya terdapat tulisan DOHC atau SOHC. Perbedaan DOHC dan SOHC terletak pada jumlah camshaft yang ada pada bagian mesin.

Dilansir dari laman Auto200, berikut ulasan perbedaan mesin DOHC dan SOHC.

Mesin DOHC

Pada mesin berteknologi DOHC, jumlah camshaft alias noken as lebih banyak daripada mesin single over head biasa. Dalam satu piston atau silinder head memiliki dua camshaft yang masing-masing camshaft ini menggerakkan 2 buah klep sekaligus. 

Di mana satu noken as mengatur 2 klep in sebagai “gerbang” masuknya mixture atau campuran bensin dan udara ke ruang bakar. Sementara satu buah noken as lainnya mengatur bukaan 2 klep ex untuk jalur keluarnya gas buang. 

Jumlah klep dua kali lebih banyak (2 klep in dan 2 klep ex) kapasitas mixture ke dalam ruang bakar dan flow gas buang pun makin banyak. Kebanyakan mesin DOHC juga memiliki potensi kitiran mesin (RPM) lebih tinggi. 

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh beban masing-masing komponen terdistribusi rata. Jika dibandingkan dengan SOHC, satu camshaftnya melakukan dua tugas buka tutup klep in – ex sekaligus. Beda dengan DOHC, buka tutup klep in – ex dilakukan oleh masing-masing camshaft.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: