Pertolongan Pertama saat Kendaraan Terendam Banjir

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 20 Februari 2021 - 16:50:00 WIB
Pertolongan Pertama saat Kendaraan Terendam Banjir
Pertolongan Pertama saat Kendaraan Terendam Banjir (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Curah hujan ekstrem menyebabkan sejumlah ruas jalan di Jakarta dan sekitarnya terendam banjir. Bahkan, beberapa kendaraan terlihat terendam sampai atap dan berisiko mengalami kerusakan.

Lantas, bagaimana pertolongan pertama apabila mobil terendam banjir? Pemilik bengkel mobil Car Wishdom Cilandak, Septian Raharja menjelaskan, mobil bisa kembali seperti semula tergantung dari komponen kelistrikannya.

"Jika kondisi mobil ingin kembali pulih, semua tergantung komponen kelistrikannya. Komponen ini bisa dideteksi menggunakan alat atau komputer khusus," kata Septian saat dihubungi iNews.id, Sabtu (20/2/2021).

Septian menambahkan, kendaraan model sekarang sebagian besar sudah mendapatkan komponen elektrikal. Jika banjir menenggelamkan mobil, sebaiknya komponen listrik langsung dimatikan.

"Akan sangat menolong bila saat banjir sistem kelistrikan diputus sehingga tidak terjadi short circuit. Hal ini sebagai pertolongan pertama sebelum mobil dibawa ke bengkel," katanya.

Saat banjir, Septian menyarankan untuk langsung mematikan aliran listrik dari pusatnya yakni melepas terminal negatif accu sehingga dapat mencegah korsleting dan menyebabkan kerusakan parah pada mobil.

Setelah itu, periksa saringan udara apakah masih kering atau tidak? Ketiga, periksa oli melalui dipstick apakah ada oli yang tercampur oli. Keempat, bersihkan sisa-sisa lumpur di bawah jok dengan air. Kelima, lepas jok dan karpet, bersihkan dengan air dan desinfectant.

"Setelah kondisi interior bersih dari lumpur, derek kendaraan ke bengkel untuk dicek mesin dan elektrikalnya," kata Septian.

Editor : Dini Listiyani