Peugeot Kembali Buka Pabrik di Pusat Penyebaran Virus Corona Kota Wuhan

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 08:03 WIB
Peugeot Kembali Buka Pabrik di Pusat Penyebaran Virus Corona Kota Wuhan

Perusahaan patungan Peugeot dengan Dongfeng Motor Group telah memulai kembali produksi mobil di pabrik Kota Wuhan, pusat penyebaran wabah virus corona (Covid-19). (Foto: AFP)

BEIJING iNews.id - Perusahaan patungan mobil Prancis Peugeot SA di China dengan Dongfeng Motor Group telah memulai kembali produksi mobil di Kota Wuhan, pusat penyebaran wabah virus corona (Covid-19). Ini setelah mereka menutup pabriknya dalam beberapa pekan saat wabah corona mengepung China.

Dilansir dari Reuters, Kamis (26/3/2020), perusahaan patungan ini juga memiliki dua fasilitas manufaktur lainnya di Chengdu dan Xiangyang. Kedua fasilitas tersebut juga telah beroperasi normal.

Sebelumnya, dampak virus corona Asosiasi Produsen Otomotif China (CAAM) melaporkan penjualan mobil pada Februari 2020 turun 79 persen. Angka ini hampir sama dengan data Asosiasi Mobil Penumpang China (CPCA) yang melaporkan penurunan penjualan 80 persen.

CAAM mencatat penjualan pada Februari di pasar mobil terbesar dunia itu turun menjadi 310.000 unit dari tahun sebelumnya. "Penjualan mobil di China pada Februari kembali ke level yang tidak terlihat sejak 2005," ujar Chen Shihua, pejabat senior di CAAM.

Kini, China kembali bangkit. Namun, penyebaran virus corona justru semakin meluas di Eropa. Ini memaksa Peugeot menutup pabriknya di sana.

Pada 16 Maret lalu, produsen induk Prancis PSA, yang memiliki merek Peugeot, Opel dan Vauxhall, memutuskan menutup pabrik-pabriknya di Eropa sampai 27 Maret. Melihat kondisi yang semakin memburuk kemungkinan penutupan akan diperpanjang.


Editor : Dani Dahwilani