Posisi Mesin di Depan, Toyota HiAce Premio Lebih Senyap

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 04 Desember 2019 - 06:55 WIB
Posisi Mesin di Depan, Toyota HiAce Premio Lebih Senyap

Mesin Toyota HiAce Premio berada di bagian depan, sehingga suara dan getaran dalam kabin lebih senyap. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Toyota telah menghadirkan varian mobil komersial terbaru HiAce Premio. Mobil ini lebih senyap dari model sebelumnya, HiAce Commuter.

Kok bisa? Dealer Technical Support Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, mesin Toyota HiAce Premio berada di bagian depan. Sementara mesin HiAce Commuter berada di bawah jok penumpang depan.

"Perpindahan posisi mesin ini membuat HiAce Premio lebih senyap, karena engine tidak lagi di bawah kursi penumpang. Perpindahan ini membuat suara dan getaran dalam kabin lebih senyap, serta tidak panas," ujarnya, saat berbincang dengan iNews.id di Sirkuit Sentul, baru-baru ini.

Sebab itu, lanjut dia, HiAce Premio memiliki bonet alias hidung yang fungsinya sebagai tempat mesin. Pemilik pun kini tidak perlu repot saat pengecekan atau perawatan kendaraan karena tak perlu membuka bagian jok, cukup membuka kap depan.

Kursi pengemudi dan penumpang HiaAce Premio dengan kompartemen lapang dan mewah. (Foto: Toyota)
Kursi pengemudi dan penumpang HiaAce Premio dengan kompartemen lapang dan mewah. (Foto: Toyota)

"Dengan adanya bonet ini memang kapasitas Toyota HiAce Premio jadi lebih sedikit dibanding HiAce Commuter. Namun, dari sisi kenyamanan jauh lebih baik," kata Didi.

Seperti diketahui, HiAce Premio memiliki dimensi panjang 5.915 mm, lebar 1.950 mm, tinggi 2.280 mm dan jarak sumbu roda (wheelbase) 3.860 mm. Mobil van ini dirancang untuk memuat 12 penumpang sehingga terasa lapang.

Di samping itu, interior Toyota HiAce Premio didesain dengan nuasa mewah dan elegan. Warna dan pola dari setiap perlengkapan kabin mobil ini dipadukan untuk menciptakan ruang lapang dan terbuka.

Mesin Toyota HiAce Premio. (Foto: Toyota)
Mesin Toyota HiAce Premio. (Foto: Toyota)

Untuk jantung pacu, Toyota HiAce Premio menggendong mesin baru berkode 1-GD VNT Turbo berkonfigurasi 2.800 cc. Engine tersebut sanggup memompa tenaga sebesar 153 hp dengan torsi maksimal 419 Nm. Ini membuat tenaga HiAce Premio lebih baik dari generasi sebelumnya, HiAce Commuter.

Dibanderol sebesar Rp516,6 juta, Toyota HiAce Premio mengisi pasar mobil komersil premium yang memberikan kenyamanan bagi pengemudi serta penumpang.


Editor : Dani Dahwilani