Punya 9 Pabrik Otomotif, Mega Factory BYD di Changzhao Produksi Mobil untuk Pasar Indonesia

Pada area stamping, sistem otomatisasi berperan memproduksi panel body atau struktur badan mobil, dan saat ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan 1.200 unit mobil per hari dalam dua shift pengerjaan.
Pada area welding, terdapat teknologi laser welding yang merupakan teknologi advanced, di mana tingkat kerapatan pengelasan sudah hampir tidak terlihat. Adanya teknologi robotic welding yang menghasilkan tingkat kerapatan pengelasan rangka dengan sangat mulus, bahkan hampir tidak terlihat.
Sementara pada area assembly, salah satu sistem otomatisasi diterapkan untuk menyamakan waktu penyatuan rangka mobil, platform, dan baterai secara bersamaan.
Masing-masing area tersebut juga memiliki tim riset dan pengembangan sendiri untuk melakukan berbagai pengecekan yang diperlukan, seperti pengecekan dan penelitian kesalahan atau kerusakan pada area stamping. Pengecekan dengan sampel acak dilakukan untuk melihat potensi kesalahan presisi pada area welding.
Pabrik di Changzhou menerapkan praktik keberlanjutan melalui penerapan energi baru. Dari total produksi delapan pabrik BYD pada 2023, perusahaan telah mencatatkan rekor produksi EV dan PHEV sebanyak 6.000.000 unit untuk didistribusikan ke seluruh dunia. Mereka saat ini telah mengekspor mobil ke lebih dari 70 negara.
Editor: Dani M Dahwilani