Rahasia Toyota Dominasi Pasar Otomotif Nasional
JAKARTA, iNews.id – Toyota hingga saat ini masih kokoh sebagai produsen otomotif terbesar di Indonesia. Walaupun sejumlah kompetitor terus melakukan terobosan, namun dominasi mereka belum tergoyahkan.
Lalu, apa rahasia Toyota sehingga loyalitas pelanggan terjaga dan semakin militan? Toyota mengakui dengan varian produk yang banyak, jumlah unit penjualan tinggi, dan menjadi APM dengan jaringan terbesar, merupakan tantangan untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan kepercayaan pelanggan. Mereka pun berupaya konsisten dalam menjaga kualitas produk dan layanan.
Executive General Manager Toyota-Astra Motor, Widyawati mengatakan, sejalan semangat Let’s Go Beyond, Toyota tidak hanya memberikan produk dan teknologi yang bagus, tapi juga terus meningkatkan peran aftersales untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Sehingga, pelanggan merasakan pengalaman kepemilikan terbaik dan terus mempercayakan mobil mereka untuk ditangani Toyota.
“Kepercayaan tersebut yang pada akhirnya menjadikan mereka loyal terhadap Toyota dan menjadi kekuatan untuk merek Toyota. Di TAM, istilahnya adalah customer first, yang pada prinsipnya bahwa kami mengutamakan para pelanggan setia,” ujar Widyawati, dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Senin (11/12/2017).
Dia memaparkan, keberhasilan Toyota dalam mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar otomotif nasional tidak hanya tergantung pada produk dan teknologi yang diperkenalkan. Tapi, juga karena adanya layanan prima bagi pelanggan pada saat pembelian kendaraan, serta bagaimana pengalaman mereka setelah memiliki kendaraan.
"Toyota mempunyai standar layanan aftersales yang, antara lain item pekerjaan servis berkala yang lengkap, penanganan kendaraan oleh teknisi yang berpengalaman dan tersertifikasi, penggunaan suku cadang yang terjamin keasliannya (Toyota Genuine Parts), serta peralatan yang sesuai dengan teknologi Toyota," paparnya.
Toyota sendiri saat ini memiliki 305 jaringan dealer secara nasional dan merupakan jaringan terluas dan terbesar di Indonesia. Di mana sebagian bengkel Toyota sudah memiliki layanan Toyota Mobile Service, Service Point, Express Maintenance, Bengkel 24 jam, Emergency Road Assistance (ERA) dan sebagainya.
Tidak hanya itu, dalam penjualan harga mobil bekas Toyota relatif lebih tinggi dari merek lainnya. Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan konsumen loyal terhadap merek Toyota.