Rangkul Neta, Arista Group Optimistis Kendaraan Listrik di Indonesia Tumbuh
JAKARTA, iNews.id - Memasuki era kendaraan listrik (electric vehicle/EV) Arista Group memilih menjalin kerja sama dengan produsen otomotif asal China, Neta. Mereka optimistis kendaraan listrik di Indonesia akan tumbuh.
"Alasan memilih Neta karena ingin sesuatu yang baru. Kami ingin menjadi pelopor di era kendaraan listrik. Neta adalah startup khusus EV. Dari sekian banyak mobil listrik di China sekarang Neta urutan satu. Dua tahun lalu saya juga selalu lihat pameran di Thailand. Saya rasa Neta mobil listrik paling menarik dari segi harga dan segmentasi," ujar Chairman Arista Group Hartono Sohor dalam press conference di Jakarta, Kamis (12/10/2023).
Meski persentase penjualan kendaraan listrik di Indonesia masih kecil, Hartono optimistis pasar EV di Tanah Air akan tumbuh. Ini dapat dilihat dari dukungan pemerintah dan upaya pembangunan infrastruktur kendaraan listrik.
"Arista Group ingin jadi pelopor dalam penjualan kendaraan energi terbarukan dan terus mendukung pertumbuhan industri EV melalui kemitraan dengan brand-brand produsen kendaraan listrik dengan memperkuat kapabilitas EV brand specialist," katanya.
Managing Director Arista Group Irawan Gozali menerangkan sejak berdiri 2003 Arista Group kini telah mengembangkan kerja sama dengan sembilan brand otomotif di berbagai segmen mulai dari kendaraan penumpang, niaga hingga roda dua. Kesembilan brand tersebut adalah Hyundai, Honda, Hino, Suzuki, Yamaha, Mercedes Benz, Wuling, Mitsubishi dan terbaru Neta.
"Saat ini, Arista Group telah mengelola lebih dari 100 dealer yang tersebar di kota-kota besar Indonesia. Kami berupaya menyediakan solusi lengkap bagi kendaraan di seluruh segmen pasar otomotif, mulai dari pembelian, servis, sparepart hingga tukar tambah," kata Irawan.
Dia menambahkan Arista Group juga tidak hanya melayani penjualan tetapi memperluas jangkauan bisnis dalam rental dan lelang kendaraan. Adapun untuk dealer telah tersebar di Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan.
"Saat ini, kami memiliki 4.000 karyawan. Arista Group secara konsisten memberikan pelatihan kepada 2.000 orang tenaga penjualan dan 1.500 tenaga purna jual dari setiap brand guna meningkatkan kemampuan melayani konsumen secara profesional," katanya.
Editor: Dani M Dahwilani