Rem Blong di Jalan Jangan Panik, Ini yang Harus Anda Lakukan 

Dani M Dahwilani · Selasa, 12 Oktober 2021 - 06:29:00 WIB
Rem Blong di Jalan Jangan Panik, Ini yang Harus Anda Lakukan 
Rem bermasalah terjadi karena pemilik mobil jarang merawat kendaraan atau terjadi gangguan pada sistem minyak rem. (Foto: Suzuki) 

JAKARTA, iNews.id - Rem kendaraan tiba-tiba tidak berfungsi alias blong di jalan jangan panik. Kendalikan situasi agar tindak terjadi tindakan membahayakan bagi diri sendiri dan orang sekitar. 

Sebab itu, sebelum melakukan perjalanan, biasakan memeriksa fungsi pengereman. Rem bermasalah terjadi karena pemilik mobil jarang merawat kendaraan atau terjadi gangguan pada sistem minyak rem. 
 
"Untuk menghindari kemungkinan terjadi kerusakan rem saat mobil digunakan, pengendara melakukan pengecekan berkala di bengkel resmi. Di dalam paket pengecekan berkala sudah termasuk pemeriksaan komponen rem," ujar Asst to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi dalam keterangan tertulis dilansir, Selasa (12/10/2021). 

Namun, bagaimana bila rem blong menimpa di jalan? Ini tujuh hal yang harus dilakukan untuk menghindari kecelakaan fatal. 

1. Terus memompa rem 

Langkah yang bisa dilakukan adalah terus memompa rem agar tekanannya kembali normal. Namun, jika saat dipompa rem terasa berat atau kasar, mungkin terdapat sesuatu di bagian sistem rem. Segera kurangi laju mobil dan berhenti ke pinggir jalan untuk memeriksa bagian sistem rem.  

2. Gunakan rem tangan 

Tarik rem tangan secara hati-hati (perlahan) dan rasakan gigitannya di bagian kaliper roda. Jika rem terasa sudah menggigit maka jangan lepaskan dan biarkan sampai laju mobil semakin melambat. Pengendara juga harus mengatur tekanan rem agar tidak kehilangan kendali.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: