Rusia Bikin Mobil Listrik Termurah, Harganya di Bawah Rp100 Juta

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 01 Desember 2019 - 09:29 WIB
Rusia Bikin Mobil Listrik Termurah, Harganya di Bawah Rp100 Juta

Mobil listrik Rusia, Zetta dijual seharga 7.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp98 juta. (Foto: The Moscow Times)

MOSKOW, iNews.id - Permasalahan utama mobil listrik di pasar dunia adalah harganya masih terlalu mahal. Tapi, pabrikan Rusia bisa membuat mobil listrik dengan harga di bawah Rp100 juta.

Dilansir dari The Moscow Times, Minggu (1/12/2019), mobil yang diberi nama Zetta tersebut dibanderol sebesar 7.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp98 juta. Kok bisa?

Perusahaan mengatakan, Zetta dilahirkan dengan kandungan lokal 99 persen. Sementara satu persennya adalah baterai masih diimpor dari China. Itulah kenapa Zetta punya harga murah.

Mobil super compact yang diproduksi di daerah Tolyatti, Rusia tersebut memiliki kapasitas penumpang empat orang. Untuk jantung pacu, kendaraan ini dibekali motor listrik berkekuatan maksimal 46 hp.

Zetta diklaim sanggup menjangkau jarak sejauh 200 km dengan kecepatan puncak 120 km/jam. Kecepatan itu terbilang cukup tinggi untuk kelas mobil listrik seukuran Zetta.

Rencananya, Zetta akan dirilis pada 2020. Pabrikan bakal menghadirkan Zetta dalam berbagai versi, antara lain tipe dua roda serta tiga roda. Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, model tersebut juga akan diekspor.


Editor : Dani Dahwilani