Sama-Sama Kencang, Ini Perbedaan Mobil Balap Formula E dengan Formula 1

Riyandy Aristyo ยท Senin, 23 September 2019 - 23:31 WIB
Sama-Sama Kencang, Ini Perbedaan Mobil Balap Formula E dengan Formula 1

Secara desain, baik mobil Formula E maupun Formula 1 memiliki desain hampir sama, perbedaan paling mendasar terletak pada jantung pacu. (Foto: Evo)

JAKARTA, iNews.id - Jakarta resmi menjadi tuan rumah ajang balapan mobil listrik Formula E 2020. Berbagai persiapan pun sudah mulai dilakukan, mulai dari lokasi, sirkuit hingga mobil-mobil listrik yang menjadi peserta.

Lantas, apakah desain dan performa mobil balap listrik sama seperti mobil-mobil balapan Formula 1?

Dilansir dari Fiaformulae, Senin (23/9/2019), secara desain, baik mobil Formula E maupun Formula 1, tidak ada perbedaan yang signifikan. Perbedaan paling mendasar terletak pada jantung pacunya.

Mobil Formula E dibekali dengan mesin penggerak listrik berkapasitas 250 kWh yang sanggup melesat dari kondisi diam menuju 100 km/jam hanya dalam 2.8 detik sebelum mencapai kecepatan maksimal 280 km/jam.

Perbedaan kedua yakni lintasan balapan yang selalu digelar di jalanan ibukota setiap negara yang dikunjungi ajang tersebut. Sementara Formula 1 harus dilombakan di lintasan yang sudah didesain khusus.

Dari segi dimensi, mobil Formula E juga lebih besar ketimbang mobil Formula 1. Pihak Formula E menerapkan spesifikasi teknis dengan panjang 5.160 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.050 mm dan jarak wheelbase 3.100 mm. Bobotnya juga dibatasi maksimal 385 kg.

Soal harga, untuk satu unit mobil Formula E baru dibanderol sebesar Rp6,6 miliar. Sedangkan dalam kondisi bekas, mobil balap listrik ini dihargai sebesar Rp2,9 miliar hingga Rp4,2 miliar.


Editor : Dani Dahwilani