Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Harga Jual Lebih Stabil, Mobil ICE dan Hybrid Masih Jadi Pilihan di Tengah Tren EV
Advertisement . Scroll to see content

Sejarah Hino di Indonesia, 4 Dekade Lalui Tantangan Kini Jadi Raja Truk dan Bus

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 12:03:00 WIB
Sejarah Hino di Indonesia, 4 Dekade Lalui Tantangan Kini Jadi Raja Truk dan Bus
Lalui tantangan selama 40 tahun, Hino kini merajai pasar truk MDT dan bus di Indonesia. (Foto: iNews.id)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Salah satu produsen kendaraan komersial terbesar di Indonesia, Hino genap berusia 40 tahun. Bagaimana perjalanan Hino di Tanah Air?

Hino pertama kali hadir di Indonesia pada 1967 atau 55 tahun silam. Kala itu, sebanyak 150 unit Hino Bus BT51 dikirim pemerintah Jepang sebagai bantuan untuk pemerintah Indonesia.

Pada 1982 didirikan perusahaan PT Hino Indonesia Manufacturing (HIM). Ini yang menjadi catatan sejarah 40 tahun Hino di Indonesia. Mesin H07C-D4 merupakan engine produksi pertama Hino Indonesia Manufacturing pada 1985. 

Di tahun yang sama, Hino meluncurkan truk FF 172/173 LA. Pada 1986, Hino Bus AK bermesin depan dirilis yang kemudian menjadi penguasa di kategorinya.

Cerita awal si Kepala Hijau dimulai pada 1989, ketika Hino FF172/173MA sebagai model truk pertama di Indonesia yang memakai warna kabin hijau atau Indonesia Green. Sejak itu warna kabin hijau melekat hingga sekarang.

Pada 1990, lahir bus terlaris di Indonesia, Hino Bus RK 174LA yang membuat Hino menjadi brand asal Jepang pertama yang mengeluarkan bus bermesin belakang di Indonesia. Setahun berselang, pada 1991, pertama kalinya diluncurkan Hino Jumbo Ranger FL176 MA (6x2) dan FM226MD (6x4). 

Ini menjadi cikal bakal Hino Ranger FL dan FM JD series yang melegenda. Ranger menjadi market leader selama 22 Tahun berturut-turut.

Catatan sejarah kembali ditorehkan pada 2002. Hino memasuki segmen light duty truck (LDT) di Indonesia dengan meluncurkan Dutro. Memasuki 2011, Hino Indonesia mulai melakukan ekspor komponen dan suku cadang. 

Pada 2014, menjadi yang pertama dan satu-satunya brand kendaraan komersial di Indonesia yang melakukan ekspor truk secara complete built up (CBU). Ini menandai Indonesia sebagai salah satu pusat produksi Hino untuk ekspor ke 19 negara.

Pada 2015, Hino Indonesia menjadi yang pertama di dunia meluncurkan Hino New Generation Ranger, model ini turut digunakan untuk market Hino di negara-negara lain. 

Terbaru, bersamaan dengan perayaan 40 tahun, Hino menjadi brand kendaraan komersial pertama di Indonesia yang meluncurkan kendaraan dengan standar emisi Euro 4 pada Maret 2022. Total ada 60 model Hino Euro4 yang diluncurkan sejak Maret hingga di GIIAS 2022, yaitu Hino Ranger FMX 280 TH, Hino Ranger FLX 280 JW (8X2), Hino Ranger FLE 260 JW (6x2), Hino Ranger FG 260 JU, dan Hino Dutro 136 HDX 5.8 Plantation.

After Sales Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Irwan Supriyono mengemukakan, 40 tahun bukan waktu yang singkat dan mudah untuk terus hadir memberikan truk dan bus yang tangguh di industri otomotif Indonesia. Tantangan berat, kerap menghampiri yang membuat Hino teruji dan kini berhasil menjadi market leader medium duty truck di Indonesia selama 22 tahun terakhir.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut