Sejarah Kia, Berawal dari Sepeda Menjelma Jadi Produsen Mobil
Unit kendaraan Kia kini tersebar di hampir 170 negara seluruh dunia. Mereka memiliki beberapa fasilitas penelitian dan pusat desain global yang tersebar di berbagai negara, antara lain Korea, Jerman, Slovakia, China dan Amerika Serikat dengan jumlah karyawan sekitar 44.000 karyawan Kia Motors yang bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan konsumen otomotif seluruh dunia.
Menginjak 2000, Kia Motors mengumumkan desainnya terbaru dengan sebutan “Mesin Inti Masa Pertumbuhan” sejak merekrut Peter Schreyer sebagai Chief Desain Officer (CDO) pada 2006. Sejak Peter Schreyer bergabung dalam mengembangkan desain dan teknologi, Kia Motors telah berhasil menyematkan desain unik untuk produk-produk Kia.
Hal tersebut dilakukan untuk membentuk brand awareness sebagai identitas merek yang kuat bagi konsumen di seluruh dunia. Pieter Schreyer berpendapat mobil harus mempunyai sebuah wajah atau ciri khas yang kuat, dan istimewa.
Sebab itu, Schreyer memutuskan untuk memberi nama desain Kia Motors dengan sebutan “tiger nose”. Harimau adalah sosok yang kuat di satu sisi dan di sisi lain dia anggun. Inilah visi dan misi Kia sejak 2009.
Selain itu, Kia Motors ini juga diakui sebagai Top Safety Pick oleh para ahli dunia dan media otomotif terkemuka. Dalam momen ini, Kia telah dikenal di seluruh dunia karena sukses memberikan kepuasan kepada konsumen dengan menghadirkan fitur-fitur canggih dalam keselamatan dan teknologi.

Editor: Dani M Dahwilani