Sejarah Lahirnya Mobil Sport Legendaris Nissan GT-R

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 15 Juli 2020 - 07:27 WIB
Sejarah Lahirnya Mobil Sport Legendaris Nissan GT-R

Berawal dari balapan, DNA heroik mobil tersebut diwariskan hingga hari ini melalui kendaraan berteknologi tinggi Nissan GT-R. (Foto: Nissan)

JAKARTA, iNews.id - Pada Februari 1969, Nissan membangun sebuah mobil ikon. Mengkombinasi teknologi terbaik, Nissan menciptakan Skyline 2000GT-R, mobil touring dengan performa tangguh yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Mobil ini memenangkan 52 kejuaraan dalam kurun waktu tiga tahun dan tak akan pernah dilupakan dalam sejarah balapan Jepang.

Banyak fitur teknologi balap dalam mobil ini terinspirasi prototipe mobil balap murni Nissan (Prince) R380, seperti mesin DOHC empat katup dan suspensi independen pada setiap roda – yang kemudian menjadi bagian penting saat mobil ini mendominasi masa balapnya.

Model ini meraih kemenangan pertama pada 3 Mei 1969, di balapan TS-b dari JAF Grand Prix 1969 di Fuji Speedway, dimenangkan dengan model 4-pintu-nya. Dari Grand Prix Jepang 1969, pada Oktober 1969, GT-R menorehkan kemenangan ketujuh. Sistem injeksi bahan bakar kemudian diadopsi mendorong output maksimal ke 230PS/8.400 rpm membuat Skyline semakin unggul di sirkuit.

Dua tahun kemudian, di balapan All Japan Suzuka Automobile Race (Maret 1971), hardtop GT-R ditambahkan ke dalam formasi.

Kemenangan ke-50 yang bersejarah diraih pada 20 Maret 1972, pada ronde pertama Fuji GC Series – balapan Fuji dengan kecepatan 300 km.

Karena angin kencang dan hujan lebat, balapan dipersingkat dari 20 putaran menjadi 12 putaran. Menerpa awan-awan gelap, mobil nomor 15, GT-R yang dinakhodai K Takahashi, meraih posisi pertama sekaligus mencetak sejarah.

GT-R menempati posisi teratas dalam berbagai balapan touring lokal di Jepang, dengan total 52 kemenangan hanya dalam tiga tahun.

Mobil ini sangat dikenal di seluruh dunia dan sering kali ditampilkan dalam budaya populer. Beberapa model GT-R telah muncul dalam seri video game yang masih berlanjut, seperti Need For Speed.

Baik GT-R maupun Skyline pernah ditampilkan dalam franchise film yang sangat populer, yaitu Fast and Furious. Puluhan versi GT-R yang berbeda muncul dalam game simulator balapan yang revolusioner Gran Turismo’sebagai mobil virtual. Saking antusiasnya respons terhadap mobil virtual tersebut, mobil konsep nyatanya pun diciptakan.

DNA heroik dari mobil tersebut diwariskan hingga hari ini melalui mobil berteknologi tinggi Nissan GT-R. Walau dijual terbatas, di Indonesia mobil ini banyak penggemarnya mulai dari kalangan artis, pengusaha hingga pejabat.

Editor : Dani Dahwilani