Selain Supercar, Kepolisian di Arab Juga Gunakan Superbike untuk Patroli

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 21:27 WIB
Selain Supercar, Kepolisian di Arab Juga Gunakan Superbike untuk Patroli

Kepolisian Abu Dhabi mendatangkan delapan unit superbike asal Italia, Ducati Panigale V4 R yang akan digunakan untuk berpatroli. (Foto: Zigwheels)

DUBAI, iNews.id - Uni Emirat Arab (UEA) merupakan negara dengan segudang kendaraan mewah, terutama di wilayah Dubai dan Abu Dhabi. Mulai dari masyarakatnya hingga penegak hukum (kepolisian) menggunakan mobil berkelas dengan performa tinggi.

Dilansir dari Zigwheels, Jumat (6/12/2019), baru-baru ini, kepolisian Abu Dhabi mendatangkan delapan unit superbike asal Italia, Ducati Panigale V4 R yang akan digunakan untuk berpatroli.

Karena dipakai kepolisian, sportbike full-fairing ini dimodifikasi dengan warna biru dan putih. Selain itu, terdapat logo kepolisian Abu Dhabi di bagian depan.

Menariknya, ada komponen winglet yang terdapat di fairing Ducati Panigale V4 R. Padahal, komponen ini berfungsi dengan maksimal saat motor melaju dalam kecepatan sangat tinggi.

Urusan dapur pacu, Ducati Panigale V4 R dibekali mesin Desmosedici Stradale V4 90° 998 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 221 hp. Dapur pacu ini ditambahkan beberapa komponen titanium untuk meningkatkan kekuatan, mengurangi gaya gesek, serta menjaga bobot tetap ringan.

Agar tenaga serta pengendaliannya bekerja maksimal, Ducati Panigale V4 R juga dilengkapi berbagai komponen elektronik, seperti Ducati Traction Control EVO, Ducati Slide Control, dan Engine Brake Control EVO.

Alasan kepolisian Dubai menggunakan Panigale V4 R lantaran sasisnya punya berat yang ringan ketimbang Panigale V4 S. Posisi swing-arm juga dapat disesuaikan dengan karakter pengendara.

Sektor kaki-kaki Ducati Panigale V4 R juga istimewa karena menggunakan suspensi depan upside-down NPX 25-30 dan belakang menggunakan monoshock TTX36 single-sided swing-arm keluaran pabrikan ternama Swiss, Ohlins.

Sebagai informasi, Uni Emirat Arab (UEA) adalah sebuah negara federasi dari tujuh emirat yang kaya minyak. Ketujuh emirat ini adalah Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah dan Umm Al-Qaiwain.

Ducati Panigale V4 R. (Foto: Zigwheels)
Ducati Panigale V4 R. (Foto: Zigwheels)

Editor : Dani Dahwilani